Home Berita Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ) di SMA...

Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ) di SMA Argopuro Panti Jember Berlangsung Meriah

0
SHARE


Jember, Newsonline.id – Masuknya budaya Asing ke Indonesia seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tanpa disadari perlahan-lahan mengikis budaya dan adat istiadat bangsa. Hal tersebut tidak dapat terelakkan dengan semakin cepatnya akses informasi dewasa ini. Fakta tersebut mengundang keprihatinan kita bersama.

Generasi muda sebagai generasi penerus memegang peranan penting dalam melestarikan budaya bangsa. Penanaman rasa cinta terhadap budaya bangsa tersebut diajarkan sejak di bangku sekolah.

Dalam Rangka membangun jiwa entrepreneur pada Siswa – Siswi kelas X, Xl dan XII SMA Argopuro Panti Jember, ketua panitia yang dibantu oleh Segenap Pengurus Osis SMA menggelar aneka macam kegiatan seni budaya dan Bazar dengan mengusung Tema : PANDOWORO ( Pagelaran Seni dan Kebudayaan Siswa – Siswi Argopuro ),
Kamis (22/2/2024).

Pagelaran Gebyar Tari diikuti oleh seluruh siswa kelas XII jurusan MIPA dan jurusan IPS dan
Masing-masing kelas menampilkan tarian dengan mengenakan pakaian adat budaya Nusantara.

17 Jenis Gebyar Tari yang digelar diantaranya :
1. Wonderland Indonesia Danca ( Xll MIPA)
2. Kembang Lintang Beladas (Xll IPS1)
3. Zapin Melayu ( Xll IPS 2 )
4. Tari Jejer Gandrung(Xll IP2)
5. Tarian Rembulan High( Xll IPS 1)
6. Tari Kreasi Nusantara Indah ( Xll IPS 2)
7. Tari Tradisional dan Manuk Dadali ( Xll MIPA)
8. Tari Nirmala( Xll IPS 1)
9. Tari Nirmala Kreasi ( Xll IPS 2)
10. Tari Sorote Lintang ( Xll MIPA)
11. Tari Manuk Dadali ( Xll IPS 1)
12. Tari Manuk Dadali (Xll IPS 2)
13. Tari Pho(Xll IPS 1)
14. Tari Tor Tor Batak Toba (Xll IPS 2)
15. Tari Kreasi ( Xll IPS 2)
16. Tari Kreasi (Xll IPS 1)
17. Tari Kreasi ( Xll MIPA).

Pagelaran yang berlangsung di halaman sekolah ini dipandu oleh pembacawa acara Laela Nadifaturrohma dan Muhammad Ibdu Rafi, dan dihadiri oleh semua siswa kelas X dan kelas XI sebagai apresiator. Selain itu, panitia juga mengundang Ketua Yayasan,Pembina Yayasan, Pengurus Yayasan, segenap dewan guru SMP maupun SMA Argopuro Panti Jember, serta wali murid sebagai audiens.

Melihat dari potensi dan apresiasi siswa yang sangat tinggi, diharapkan kedepannya ada stakeholder maupun pihak lain yang mau diajak kerjasama demi pengembangan bakat dan minat siswa.

Salah satu bekal yang diharapkan oleh sekolah adalah jika para siswa-siswi mempunyai jiwa entrepreneur, tidak hanya persaingan di bidang akademisnya, namun siswa – siswi diharapkan memiliki keinginan dan kemampuan untuk melakukan hal seperti itu, baik secara individu maupun kelompok.

Pagelaran Tradisional tersebut sebagai upaya sekolah untuk menanamkan rasa cinta sekaligus mengajak siswa untuk ikut andil dalam melestarikan Seni budaya sesuai tema acara, “Pandoworo” ( Pagelaran Seni Kebudayaan Siswa – Siswi Argopuro ) dan Bazar dalam Rangka Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ) di SMA Argopuro Panti Jember.

Irham Fidaruzziar, S.ST, MTrP, selaku ketua panitia dalam sambutannya menjelaskan, ” acara pagelaran ini merupakan bentuk Kreasi Seni Budaya dalam rangka penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5) pada kurikukum serta pengambilan penilaian keterampilan Ujian Praktek bagi siswa kelas XII pada mata pelajaran Seni Budaya,
Prakarya dan kewirausahaan ( PKWU ).” Ujarnya.

Sementara itu Kepala SMA Argopuro Panti Jember Wiwik Suwitolaksono,SS dalam sambutannya” menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua dewan guru, panitia yang ikut membantu suksesnya acara ini. selain itu kita semua khususnya siswa – siswi yang telah ikut melestarikan budaya Daerah maupun Budaya Nasional, dan yang terpenting bagi siswa – siswi adalah mempraktekkan budaya dan adat istiadat tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut tercermin dalam sikap dan perilaku yang sopan serta santun.” Ucapnya.

Ketua YLPI Argopuro Panti Jember H.Agus Idham Khalid,S.Pd.
Beliau sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. “Ini adalah hal yang luar biasa yang perlu kita lestarikan. Kembangkan talenta kalian semua, dan Kami berharap agar lembaga Argopuro Panti Jember dapat mempertahankan prestasi yang telah diraih dan meningkatkannya di tahun-tahun mendatang.” Ungkapnya.

“Alhamdulilah, Program P5 bagi siswa – siswi kelas 10 dan kelas Xl yang berkolaborasi dengan siswa – siswi kelas Xll ini telah berjalan dengan lancar. Kami mengapresiasi kerja keras pengurus Osis sekaligus sebagai panitia , serta Segenap dewan guru sebagai pendorong yang telah mencurahkan segala ide dan waktunya dan membimbing para siswa – siswi agar bisa belajar lebih mandiri melalui program P5 ini”, ujar Busono,S.Pd Wakil Kepala Sekolah SMA Argopuro Panti Jember Bidang Kurikulum.

Acara pegelaran Yang berlangsung sejak pukul 08.05 hingga pukul 11.30 Wib diakhiri dengan pembacaan do’a yang dipimpin oleh Ketua Pembina Yayasan KH.Agus Mahdi Amien.
( A.Mulyono )

SHARE
Previous articleApel Gelar Pasukan Wujudkan Pemilu Damai di Bumi Blambangan
Next articleBersama Satgas Pangan, Kapolresta Banyuwangi Sidak Pasar Cek Ketersediaan dan Harga Beras
Avatar
Kami adalah Jurnalis Jaringan NewsOnline, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa. Email: totoksumianta45@gmail.com WA: 0852-5883-1029

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here