Home Berita *Tips Pakar Gizi UNEJ: Penuhi Asupan Gizi dan Tetap Olahraga Selama Puasa*

*Tips Pakar Gizi UNEJ: Penuhi Asupan Gizi dan Tetap Olahraga Selama Puasa*

0
SHARE

Jember,Newsonline.id – Menjaga kesehatan selama bulan puasa merupakan hal yang penting bagi setiap umat islam yang melakukannya. Saat berpuasa tubuh mengalami perubahan dalam pola makan dan minum, sehingga penting untuk mengambil langkah-langkah yang tepat agar tetap sehat dan bugar selama bulan Ramadan.

Ninna Rohmawati, dosen gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Jember (UNEJ) memberikan beberapa tips yang perlu diperhatikan ketika sedang berpuasa, “Menjaga kesehatan di bulan Ramadan itu perlu dilakukan, beberapa hal yang bisa dilakukan adalah memperhatikan asupan makanan serta minuman yang dikonsumsi dari segi zat gizinya, melakukan aktifitas fisik seperti berjalan atau bersepeda, melakukan kegiatan olahraga ringan supaya badan tetap bugar dan menjaga berat badan sehingga gizi tetap optimal,” ujarnya kala diwawancarai pada Kamis (21/03).

Selain itu Ninna Rohmawati juga menjelaskan, menjaga asupan gizi saat berpuasa juga penting dikarenakan makanan yang dikonsumsi saat berbuka dan sahur memiliki dampak langsung pada kesehatan dan energi sepanjang hari. Kekurangan nutrisi juga dapat menyebabkan penurunan energi, kelemahan, dan masalah kesehatan lainnya. Oleh karena itu, penting untuk memilih makanan yang seimbang dan bergizi saat berbuka dan sahur, serta memperhatikan jumlah dan jenis makanan yang dikonsumsi agar tetap memenuhi kebutuhan gizi tubuh meskipun dalam kondisi berpuasa.

“Menjaga asupan gizi juga perlu dilakukan saat sahur atau berbuka di antaranya dengan mengkonsumsi protein, sayuran, minum air yang cukup serta memilih jenis dan jumlah karbohidrat yang dikonsumsi ketika sahur dan berbuka. Saat sahur utamakan karbohidrat kompleks seperti pisang atau jagung karena jenis ini lebih kaya serat, vitamin, dan mineral sehingga dapat menyediakan cadangan energi lebih lama. Ketika berbuka utamakan karbohidrat sederhana seperti kurma, gula, madu dan buah karena karbohidrat jenis ini lebih cepat dicerna oleh tubuh,” imbuhnya.

Lebih lanjut, dosen yang juga menjabat sebagai Koordinator Program Studi S1 Gizi FKM UNEJ juga mengungkapkan bahwa ada beberapa makanan dan minuman yang perlu dihindari saat berpuasa seperti makanan berlemak seperti gorengan dan mentega, makanan dan minuman yang memiliki kadar gula yang tinggi. Sebab dapat menyebabkan mudah lapar dan sulit kenyang, makanan yang terlalu pedas dan asam serta minuman yang berkafein dan bersoda secara berlebih dikarenakan dapat menyebabkan sulmit tidur dan menimbun lemak dalam tubuh. (Mia/her/dil/adi)

SHARE
Previous articleDukung Produksi Pangan, Satgas Pangan Polri Dampingi Dirjen Tanaman Pangan Kementan Panen di Tuban
Next articleDPD Partai GERINDRA Jatim Hadiri SARESEHAN Gus Fawait
Avatar
Kami adalah Jurnalis Jaringan NewsOnline, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa. Email: totoksumianta45@gmail.com WA: 0852-5883-1029

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here