Home Berita Kreatif dan Meriah, Semarak Karnaval HUT – RI ke-78 Desa Panti...

Kreatif dan Meriah, Semarak Karnaval HUT – RI ke-78 Desa Panti Diikuti Ribuan Peserta

0
SHARE

Jember,Newsonline.id. – Pemerintah Desa (Pemdes) Panti Kecamatan Panti Kabupaten Jember gelar pawai karnaval dengan mengusung tema ” Karnaval Budaya ” yang merupakan serangkaian kegiatan yang digelar di Desa Panti dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-78

Pawai Karnaval dimulai pukul 02.15 WIB dengan start di lapangan Padukuhan Prapah dan finish di pedukuhan Krajan atau Lapangan Kecamatan Panti. ( Sabtu, 02/09/2023)

Pawai karnaval yang diikuti ribuan peserta dari 58 RT , 22 RW ini adalah sebagai ajang untuk mempererat dan menjalin hubungan antar sesama dalam membangun dan memajukan pembangunan Desa Panti.
Hal itu disampaikan Kepala Desa Panti Suroso Saat membuka acara pawai karnaval sekaligus melepas para peserta karnaval yang diikuti oleh peserta dari setiap padukuhan di wilayah Desa Panti.

” kami selaku orang yang dituakan di Desa Panti, mengucapkan terimakasih kepada semua warga Desa Panti yang telah ikut mendukung meramaikan karnaval dan Semoga tahun depan bisa kembali digelar dan semakin meriah dengan aneka tampilan lain.
Melalui kegiatan pawai karnaval ini, intinya menghormati dan mengingat para pejuang terdahulu merebut kemerdekaan demi bangsa dan tanah air Republik Indonesia.
Pesan saya untuk anak-anak generasi milenial khususnya generasi muda yang ada di Desa Panti, saya penuh harap agar dengan memperingati HUT ke-78 RI ini ayo kita tingkatkan kerukunan dan selalu mengingat para leluhur, pejuang kita yang telah berjuang demi kemerdekan RI,” tegasnya.

Lanjut Suroso,
” Cara Menghargai Jasa Para Pahlawan diantaranya adalah
Belajar dengan sungguh-sungguh,
Meneladani sikap dan perilaku para pahlawan,
Menjunjung rasa saling menghormati dan menghargai,
Mengikuti upacara peringatan Hari Pahlawan dan
Mendoakan para pahlawan yang telah gugur. Kemerdekaan yang dirasakan oleh bangsa Indonesia saat ini tidak didapatkan begitu saja, namun Semuanya adalah hasil dari jerih payah para pahlawan yang telah berjuang hingga akhir. Oleh karenanya Kita
sebagai generasi haruslah menghormati dan menghargai jasa para pahlawan,
Sebab berkat jasa para pahlawan, saat ini kita bisa merasakan kebebasan dan terlepas dari segala penderitaan yang dilakukan oleh para penjajah.
Meneladani sikap dan perilaku para pahlawan
Mengenang jasa pahlawan tidak cukup hanya memperingati Hari Pahlawan dan mempelajari sejarahnya saja, namun
Setelah mengetahui sejarah dan mengenal sikap serta perilaku para pahlawan, kita patut untuk meneladani sikap positif yang dimiliki pahlawan.Seperti semangat, disiplin, menumbuhkan toleransi, pantang menyerah, bertanggung jawab, tak pamrih, serta menjaga persatuan dan kesatuan.
Menjunjung rasa saling menghormati dan menghargai
Cara berikutnya yang dapat dilakukan adalah menjunjung rasa saling menghormati dan menghargai satu sama lain, tanpa memandang suku bangsa, ras, agama, bahasa, adat istiadat, warna kulit, dan Jangan sampai rakyat terpecah belah
.” Papar Suroso.

Di tempat yang sama Ketua Panitia Pawai Karnaval Desa Panti Ival Setiawan, S.AP kepada Wartawan Media ini menuturkan ” kegiatan pawai karnaval ini merupakan wujud syukur warga masyarakat dalam memaknai, mengisi kemerdekaan Bangsa Indonesia serta mengenang jasa para pahlawan Nasional yang telah berjuang merebut kemerdekaan Bangsa Indonesia.” Tuturnya.

Ditambahkan oleh Ival , dirinya merasa bangga atas antusiasme dari masyarakat Desa Panti yang telah bersungguh sungguh dalam mempersiapkan hingga terselenggaranya Pawai Karnaval dengan meriah dan semarak.

Lanjut Ival,
“Kegitaan pawai karnaval yang dilaksanakan oleh warga dengan berbagai macam corak baju dan adat budaya kearifan lokal ini harus dipertahankan guna meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa yang terwujud dalam ‘Bhineka Tunggal Ika” serta dapat menumbuhkan karakter bangsa Indonesia yang bersatu padu, saling menghormati, menghargai antar sesama dalam persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia,”Imbuhnya.

Urutan peserta pawai karnaval yang bertema
” Karnaval Budaya ” diataranya :
1.Pemdes Panti+
paskib dari SMA
Argopuro Panti
2.SDN panti 1
3.SDN panti 2
4.SDN panti 3
5.SD Babus salam
6.SMPN 1 Panti
7.PPK
8.(Tingkat Padukuhan )
(1) Padukuhan Krajan
(2) Padukuhan
Wonolangu
(3) Padukuhan Prapah
(4) Padukuhan krajan
(5) Padukuhan
Darungan
(6) Padukuhan Gebang
(7) Padukuhan Gebang
langkap.

Tampak warga desa Panti dan sekitarnya memadati ruas jalan sepanjang 5 km dari Padukuhan Prapah Hingga di kawasan Krajan atau Kantor Kecamatan Panti. Para peserta Pawai Karnaval berjalan menggunakan beragam busana adat nusantara, pakaian profesi hingga atraksi yang bertema Kemerdekaan.

Bukan hanya tampil keliling menggunakan beragam busana unik, tapi juga banyak peserta karnaval yang menunjukkan kreativitasnya dengan menghias kendaraan menjadi kendaraan dengan desain yang unik. Hiasannya mulai dari tema kemerdekaan hingga menghias kendaraan dengan beragam hasil panen.

Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2023 membuat para penyedia jasa penyewaan kostum karnaval di wilayah kecamatan Panti Kabupaten Jember terdongkrak pendapatannya. Jasa mereka paling dicari seiring dengan banyaknya masyarakat yang menggelar karnaval di daerah masing-masing.

“Alhamdulilah, pawai karnaval tahun ini di Desa Panti sangat kompak dan meriah, semua komponen masyarakat terlibat mulai kalangan petani, pemerintahan desa, karang taruna, RT/RW, dan sekolah yang ada, semuanya bahagia, mengikuti acara ini yang digelar setiap setahun sekali,” kata salah seorang ketua RW di Desa Panti.

Selain itu, kegiatan pawai karnaval ini bisa menjadi hiburan bagi masyarakat, sekaligus memberikan semangat untuk mengisi kemerdekaan dan meneruskan perjuangan pahlawan,dan
juga bertujuan menumbuhkan semangat mempertahankan kemerdekaan dalam jiwa setiap insan, serta membentuk rasa patriotisme dan cinta terhadap tanah air,” ungkapnya.
( A.Mulyono )

SHARE
Previous articleHUT RI Ke-78 Gebyar Karnaval Menyatukan Budaya Desa Gelang
Next articleProsesi Pernikahan Aldinosa Adjie Ramadiansyah,SE dengan Rena Ayu Sulistiyani Berlangsung Meriah
Avatar
Kami adalah Jurnalis Jaringan NewsOnline, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa. Email: totoksumianta45@gmail.com WA: 0852-5883-1029

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here