Home Trending Now Bupati: Anggaran Rp. 15 Triliun Dibutuhkan Untuk Mengejar Ketertinggalan Jember

Bupati: Anggaran Rp. 15 Triliun Dibutuhkan Untuk Mengejar Ketertinggalan Jember

0
SHARE

JEMBER, News Online.id – Memegang tampuk pimpinan sebagai Bupati Jember sejak 3 Maret 2021 tampa APBD bukan alasan bagi sosok Ir. H. Siswanto untuk merialisasikan janji kerjanya membangun Kabupaten Jember, Bupati dengan tagline”Wes Wayahe Jember Bangkit” ini sejak awal pemerintahannya terus menyebarkan aura positif untuk kebangkitan Jember. 7 Juni 2021

Meski sempat kesulitan akibat tidak adanya APBD, namun dengan kebersamaan dan kekompakan jajaranya dan Dewan Legislatif akhirnya dalam waktu singkat Jember memiliki APBD dan menyelesaikan berbagai persoalan anggaran untuk kegiatan rutin dilingkungan Pemkab Jember.

Besarnya keinginan Bupati untuk melihat Jember bangkit dan bisa mengejar ketertinggalan dari Kabupaten sekitar, Bupati tegaskan bahwa ”Jember tidak boleh ada klaster-klaster dalam sistem untuk merialisasikan sebuah kebijakan,” tuturnya.

Sebelum kebijakan turun, tentunya harus di sosialisasikan, kita diskusikan bersama-sama bukan ingin menunjukkan siapa yang duluan siapa yang pandai, tapi bagaimana mengambil kebijakan yang bermanfaat langsung bagi orang lain.

Saat ini, kebijakan di Kabupaten Jember itu pemanfaatannya langsung, kenapa ?, kemaren sebelum tahun 2021 itu begitu banyak persoalan dan membutuhkan biaya yang besar, begitu kami masuk di tahun 2021 biayanya tetap harusnya 3 kali lipat, begitu biaya tetap tentunya kebijakan yang kami ambil itu berorentasi kemaslahatan ummat sebanyak-banyaknya secepat-cepatnya secara langsung.

Bahkan di hadapan tamu undangan yang terdiri dari Akademisi, Ekonum serta pihak perbankan yang hadir di acara on air interaktif bersama Bupati dengan tema” Membangun Jember Diluar APBD, Bupati Hendy sedikit menyinggung bagaimana pihaknya bersama DPRD Jember melakukan percepatan pembahasan APBD dengan memerlukan waktu hanya 1 Minggu.

“APBD itu adalah hak rakyat dan harus dikembalikan kepada rakyat, Alhamdulillah dalam jangka waktu tidak terlalu lama selesai, kira-kira 1 Minggu, bisa dikatakan APBD tercepat se-Indonesia,” ungkapnya.

Begitu cepatnya proses APBD ini tentu ada kekawatiran, bagaimana dengan perencanaannya?, itu sudah kita masukkan ke program kita, namun yang namanya kesempurnaan itu tidak ada, pastinya ada satu kekurangan, saya sampaikan kepada teman-teman dewan ” tenang saja kalau memang ada kita koreksi sambil berjalan,” pungkasnya.

Cara berfikir Bupati Hendi yang ingin membangun Jember diluar APBD turut didukung oleh nara sumber yang lain, dengan SDM dan SDA serta berbagai potensi yang dimiliki Jember bukan hal sulit merialisasikan Pembangunan Jember di luar APBD.

Ada 11 perguruan tinggi Negeri maupun Swasta, ini adalah SDM yang luar biasa dimiliki oleh Jember, perbankan terbanyak di Jember bahkan perwakilan Bank Indonesia juga ada di Jember belum lagi kekayaan alam yang dimiliki oleh Jember.

Agus bangkit yang mengikuti acara on air Bupati melalui udara juga optimis bahwa Bupati hendy mampu membangun Jember, dengan pola sinergi, kalaborasi dan akselerasi yang dilakukan oleh Bupati sangat mungkin membangun Jember di luar APBD Kabupaten Jember.

Dalam wawancaranya terkait tema” Membangun Jember Diluar APBD, Bupati sampaikan, bicara hal tersebut tentu kita bicara potensi yang kita miliki, kita mengajak investor-investor untuk berinvestasi di Jember dengan memberikan berbagai kemudahan, juga kita berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi untuk membangun Dermaga. Kita juga menghubungi Kemeterian Perhubungan dan Menteri Perekonomian untuk mengalokasikan anggaranya di Jember, kita juga bertemu dengan Menteri Pertanian untuk memberikan alat-alat pertanian di Kabupaten Jember.

Apakah APBD itu perlu?, ya APBD tetap diperlukan untuk kegiatan rutin seperti gaji. Menjawab pertanyaan pamungkas dari wartwan RRI soal berapa anggaran yang dibutuhkan untuk mengejar ketertinggalan Jember ?. Dengan tegas Bupati sampaikan” dalam 2 tahun ini kita membutuhkan total 15 triliun rupiah,” jelasnya.(Lilik)

 

SHARE
Previous articleBupati Hendy: Tidak Boleh Ada Klaster Baru Dalam Realisasi Kebijakan
Next articleKeluarga Besar SMAN1 Kencong Antusias Sambut Kedatangan Bupati Jember
Avatar
Kami adalah Jurnalis Jaringan NewsOnline, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa. Email: totoksumianta45@gmail.com WA: 0852-5883-1029

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here