Home Berita Antisipasi Zona Merah, Bupati Hendy Serukan Larangan Mudik dan Jaga Prokes

Antisipasi Zona Merah, Bupati Hendy Serukan Larangan Mudik dan Jaga Prokes

0
SHARE

Jember, Newsonline.id —–Mengantipasi terjadinya lonjakan Covid-19, Bupati Jember, H Hendy Siswanto selaku Ketua Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Jember menyerukan larangan mudik, dan lebih perketat Prokes Covid, Minggu (02/05/2021).

Larangan mudik ini didasari pernyataan Presiden Joko Widodo yang bersikeras melarang mudik. Pulang kampung identik dengan mobilitas tinggi dengan kerumunan tak terhindarkan. Dalam situasi padat, kemungkinan besar protokol kesehatan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, akan diabaikan.

Presiden Joko Widodo memerintahkan berbagai cara pencegahan, penanganan sampai akhirnya melarang mudik. Lagi-lagi, berkaca dari kejadian pasca libur akhir tahun lalu, Kasus positif COVID-19 melesat, bahkan sampai 100 tenaga kesehatan yang meninggal dunia.

Pemerintah Daerah, dari tingkat provinsi hingga kabupaten, wajib hukumnya mengawal kebijakan yang digariskan Pemerintah Pusat. Tujuannya rakyat Indonesia selamat, tidak berakhir konyol seperti di India beberapa waktu lalu.

Pemkab Jember tidak berhenti hanya sebatas himbauan atau seruan kepada masyarakat. Prokes 5 M digalakkan secara ketat yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mencegah kerumunan dan membatasi mobilitas.

Razia masker dilakukan di tempat-tempat umum, dan pertokoan yang ramai diserbu pengunjung menjelang Idul Fitri. Melakukan tracing (pelacakan) terhadap pendatang dan mengawal pintu masuk bagi pendatang.

Bupati Hendy, Bupati mengatakan bahwa semua pihak tidak boleh lengah, karena di Kabupaten Jember ada kecamatan yang tadinya sudah masuk zona hijau berubah menjadi zona kuning.

“Sebanyak 17 kasus baru tersebar di sejumlah kecamatan, terjadi sebelum adanya larangan mudik. Untuk keselamatan bersama, kita patuhi larangan mudik, dan perketat prokes 5 M. Kita tidak mau Kabupaten Jember kembali menjadi zona merah,” jelas H. Hendy. (to2/her)

SHARE
Previous articleJelang Idul Fitri, Ini Yang Dilakukan Dishub Dan Polres Jember
Next articleSAJ Gelar Aksi “Seribu Kebaikan Untuk Jember”
Avatar
Kami adalah Jurnalis Jaringan NewsOnline, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa. Email: totoksumianta45@gmail.com WA: 0852-5883-1029

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here