Home Berita Tantangan dan Catatan Kapolri Selain Hoegeng

Tantangan dan Catatan Kapolri Selain Hoegeng

0
SHARE

Oleh : Jendral Polisi Drs.Listyo Sigit Prabowo, M.Si (Kapolri)

Ada yang kenal ibu Halimah ini?

Ya, ibu Halimah sedang ramai diperbicangkan setelah kisahnya menemukan dan mengembalikan dompet berisi cek 35,9 miliar viral di media sosial.

***

Kali ini, dari seorang petugas cleaning service Bandara Soetta bernama Halimah, kita diingatkan betapa berharganya kejujuran & integritas dalam melaksanakan sebuah pekerjaan. Polri sendiri memiliki sosok Jenderal Hoegeng yg terkenal dengan kejujuran dan integritasnya dalam bertugas.

Namun munculnya humor tentang “cuma ada 3 Polisi jujur yaitu patung polisi, polisi tidur dan Jenderal Hoegeng” seakan melegitimasi bahwa, sangat sulit mencari Polisi jujur dan berintegritas di negeri kita. Ini menjadi tantangan bagi saya untuk dapat merubah citra Polri di masyarakat.

Saya optimis dapat mewujudkan hal tersebut, karena saat ini masih banyak personel Polri yg memiliki sikap teladan dan benar-benar menjalankan tugasnya sebagai pengayom rakyat.

Beberapa potret personel Polri yg layak dijadikan panutan karena memiliki kejujuran dan integritas serta mampu memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat melebihi panggilan tugasnya:
– Aipda Muji di Balikpapan, menemukan tas berisi uang 48jt kemudian mengembalikan ke pemiliknya tanpa mau menerima imbalan,
– Aiptu Jailani di Gresik, dikenal tegas & anti suap terhadap pelanggar lalin,
– Brigadir Suladi di Malang, lebih memilih jd pengepul sampah utk mendapat penghasilan tambahan drpd menerima suap,
– Bripka Ali di DIY, mendirikan rmh singgah, masjid dan pesantren Tahfiz Al-Qur’an gratis utk anak yatim & kurang mampu serta aktif membina pemulung & keluarga napiter,
– Brigadir Piether Paembonan di Mamuju, menyekolahkan 178 anak putus sekolah,
– Aiptu I Nyoman Ardana di Bali, mengumpulkan buku bekas dan membuat program Baca Keliling,
– Bripka Chandra di Musi Bayuasin, membantu mengajar di SDN Kepayang,
– Iptu Khusnul Khotimah di Jakarta, sukarela membantu pemulasaran jenazah Covid-19.

Diluar sana, saya yakin msh banyak sosok figur Polri jujur dan berintegritas yg mampu menginspirasi personel lainnya. Polri akan terus berbenah untuk menjadi Polri yg diharapkan dan dicintai masyarakat. (Mandausing)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here