Home Berita Kenapa? Tugu Sejarah RW 18 Gebang Darmo Timur Menjadi Kampung UMKM dan...

Kenapa? Tugu Sejarah RW 18 Gebang Darmo Timur Menjadi Kampung UMKM dan Kampung Bebas Narkoba

0
SHARE

Jember, newsonline.id-Tugu Sejarah RW 18 Gebang Darmo Timur Kelurahan Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember, Senin (14/11/2022) melaksanakan kegiatan Bazar Pasar Murah dengan memasarkan dan menampilkan semua UMKM. Acara itu dihadiri Muspika Patrang dan tokoh agama, dan elemen masyarakat serta kawan-kawan komunitas yang bersinergi dengan Polres Jember.

Bentuk kegiatan hari itu, ada beberapa item kegiatan menjadi satu rangkaian ini adalah menjadikan Kampung UMKM dan Kampung Bebas Narkoba khususnya di RW 18 Gebang Darmo Timur.

Berlangsungnya kegiatan itu, salah satu perannya Kompol Sukari S.H, sebagai Kabag Logistik Polres Jember. Ia menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh yang hadir pada siang hari ini yaitu atas ketidak hadiran Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo S.I.K, S.H.

“Beliau pada hari ini tidak bisa hadir dalam acara kegiatan ini dikarenakan beliau sedang perjalanan menuju Surabaya untuk mengikuti Rakor bersama Bapak Kapolda, terkait dengan kegiatan G 20 di Bali, Dan oleh karena itu, kami bersama rekan-rekan Muspika, Danramil Babinsa dan Kamtibmas dan Ketua RW 18 dengan para elemen masyarakat bahwa atas terbentuknya pengukuhan Kampung UMKM dan Bebas Narkoba ini, ” terangnya.

Tentunya ini, kata dia, yang menjadi utama di Kabupaten Jember, dan tidak menutup kemungkinan jadi pantauan kita Bapak Kapolda.

Dan untuk itu, lanhal ini jangan dijadikan selogan saja, tapi tidak dilaksanakan.
Kebetulan saya pernah jadi Kasat Narkoba.
Poin ini benar-benar karena gebang bagian sini rawan Narkoba, mudah-mudahan di tempat ini menjadi Pioner di Jember Kampung Bebas Narkoba”Kata Sukari.

“Kapolsek Patrang AKP Heri juga ikut serta menyemarakkan kegiatan oleh Ketua RW 18 yang bekerja sama dengan elemen masyarakat dan dari pihak kami bersama Bapak Kapolres Jember yang kami wakili dari Polsek Patrang, kususnya RW 18 Kelurahan Gebang, dalam kegiatan ini sangat apresiasi sekali yang mana kegiatan ini baru saja saya temui di RW 18 bawasannya di Kecamatan Patrang ini ada 8 Kelurahan.

Kelurahan Gebang ini yang membawahi beberapa puluh RW namun kemudian, bahkan beberapa ratus RW, namun demikian yang baru melaksanakan kegiatan-kegiatan sangat positif seperti ini hanya di RW 18 Kelurahan Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember yang sangat luar biasa, kami sangat berterima kasih, dan bentuk kerjasamanya kegiatan bersama masyarakat ini dengan pihak Kepolisian.

“Dan tentunya ini sudah terprogram Bapak Fredy Eka selaku Ketua RW 18 sekala contoh saja dengan adik-adik pemuda Karang Taruna, pada hari ini yang menjadikan kegiatan yang membawa berkah dan bermanfaat Do’anya Anak Yatim Piatu bagi kita semua. Dan mudah-mudahan apa yang menjadi harapan kususnya RW 18 Gebang Darmo Timur, terlaksana dalam kesuksesan Kampung UMKM dan Kampung Bebas Narkobba,” tambah Hery.

Usai dalam acara kegiatan RW 18 Kampung UMKM dan Kampung Bebas Narkoba, wartawan News online.id langsung wawancara pada yang bersangkutan yaitu Bapak Fredy Eka selaku Ketua RW 18 Gebang Darmo Timur di depan panggung kegiatan.

“Kami bersama jajaran RW 18 melakukan giat yang fokus melibatkan banyak masyarakat dan warga, jadi pertama kami disini mengadakan Bazar Pasar Murah yang memasarkan dan menampilkan semua UMKM yang ada di RW 18 khususnya dan melebar seluruh lingkungan depan.
Dimana ajang seperti ini merupakan ajang selalu ingin kita laksanakan secara kontinyu 1 bulan sekali.

Yang pertama untuk memberikan dan membangun citra RW 18 menjadi lingkungan RW yang berbasis UMKM.
Yang kedua meningkatkan perekonomian masyarakat dan juga pada hari ini di kukuhkan lingkungan Bebas Narkoba, dan banyak di lingkungan kami itu pemuda-pemudi yang dihawatiri kami terjerumus pada kegiatan-kegiatan ungsur yang mengacu pada Miras dan Narkoba.

Makanya kami selaku jajaran pengurus ingin menciptakan kondusif di bidang narkoba ini dengan adanya kegiatan-kegiatan positif.
Jadi Alhamdulillah banyak pemuda yang bersifat dalam kegiatan ini, dan saya yakin pemikiran beliau semua akan positif dan tidak akan berfikir dengan kegiatan yang negatif.

Yang ketiga kita disini menjadikan lingkungan ini hidup Gotong Royong, dengan ada kegiatan ini semua masyarakat akan keluar, semua masyarakat akan interaksi saling menyapa berkumpul, sehingga terciptalah kerukunan yang luar biasa.
Dan tampa berkumpul, konsilidasi tidak akan pernah tercapai lingkungan yang kondusif, dan Gotong Royongnya kuat.

Berikutnya Prasasti yang di tandatangani oleh Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo S.I.K, S.H, merupakan bukti, bawasannya beliau menyetujui dan menyuport kegiatan yang ada di lingkungan kami baginya adalah Kampung UMKM dan Kampung Bebas Narkoba.
Dengan adanya kedekatan antara kami dengan pihak jajaran Kapolres Jember ini, akan nikmati dan mempermudah untuk menciptakan lingkungan yang Bebas Narkoba.

Dan kita selalu berkoordinasi, kita akan selalu meminta arahan-arahan beliau, kalau ada sesuatu seketika terindikasi terlibat dalam permainan Narkoba.
Kita akan langsung tindak berkordinasi dengan pihak Kepolisian, sehingga tidak menyebar kepada masyarakat yang lainnya.

Dan kebetulan pada hari Kamis, beliau hadir Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo, dan sedangkan tadi beliau berhalangan ke Surabaya di wakili oleh Kabag Logistik Bapak Kompol Sukari S.H, dan dibantu atau didampingi oleh Kapolsek Patrang AKP Hery dan Danramil 0824/01 Kapten Inf Heru
dan Babin Kamtibmas juga hadir Pak Lurah serta beberapa Ketua RW lingkungan Gebang keseluruhan tokoh elemen masyarakat hadir disini semua.

Harapan kami akan selalu menciptakan giat-giat yang melibatkan masyarakat, jadi kita nanti ini selesai, nanti kembali merencanakan kegiatan yang lebih besar dari pada hari ini.
Karena sudah menyorot, dan kami yakin dari teman-teman semuanya, apalagi di bantu oleh personil komunitas di Jember yang menyuport

Komunitas ini mempunyai anggota yang begitu luas untuk mempermudah kami untuk mengadakan kegiatan luar biasa seperti hari ini.
Dan serangkaian kegiatan hari ini santunan 100 Anak Yatim Piatu yang kita siapkan, dan dibantu secara santunan.
Dan sekaligus penyerahan bedah rumah tidak layak huni kemarin yaitu rumah Ibu Sanemah.

Dan rumah tidak layak huni kita laksanakan perbaikan dan membangun serta di bantu warga yang lain serta jajaran pengurus yang lain, dan sekaligus Jejak ikut sumbangsih membangun rumah beliau.
Dan selesai tadi ini sudah di serahkan kebeliau yang punya rumah sebagai simbolis oleh koordinator komunutas yang bersinergi dengan Polres Jember.

“Yang terakhir saya pribadi pengurus RW 18 Gebang Darwo Timur mengucapkan banyak terima kasih kepada kesemuanya, dan wabil husus kepada teman-teman dari Jejak Polres Jember juga ikut menyuport dalam menyukseskan acara kegiatan pada hari ini, “ujar Fredy Eka.
(Indra)

SHARE
Previous articleCek Ruang Tahanan, Kapolres Batu Tekankan Jaga Kebersihan dan Kesehatan
Next articleKapolres Batu Pimpin Upacara Sertijab dan Pisah Sambut Kasat Intelkam Polres Batu
Avatar
Kami adalah Jurnalis Jaringan NewsOnline, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa. Email: totoksumianta45@gmail.com WA: 0852-5883-1029

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here