Home Berita 16 Buku Karya Dosen Fkip Unej Diakuisisi Lembaga Riset Negara

16 Buku Karya Dosen Fkip Unej Diakuisisi Lembaga Riset Negara

0
SHARE

Jember, NEWSONLINE. ID – Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Jember, mengajukan lebih 200 judul buku hasil riset dosen FKIP, untuk  diakuisisi badan riset inovasi nasional (BRIN). Sebanyak 16 buku di antaranya, sudah siap diakusisi oleh lembaga riset, yang langsung terkoordinasi dengan presiden.

Demikian diungkapkan Plt Resitori Multimedia dan Penerbit Ilmiah BRIN Jakarta, Ayong Widi Paminto, disela-sela workshop akuisisi pengetahuan lokal dan penandatanganan perjanjian kerjasama, PKS BRIN – FKIP Universitas Jember, kamis siang.

Ayong menjelaskan, BRIN mendapatkan kuota sebanyak 500 riset, buku atau audio visual setiap tahun. Namun yang tercapai saat ini, hanya sekitar 170 buku hasil riset. untuk jember sendiri, sangat potensial untuk memenuhi konten keilmuan lokal baik potensi sejarah dan pertanian.

Tujuannya untuk menyediakan konten pengetahuan lokal dalam bentuk buku maupun audio -visual leterasi, yang bisa diakses oleh masyarakat luas secara gratis. Selain itu, untuk memotivasi periset dosen atau kreator, melalui universitas jember, untuk mendokumentasikan baik dalam bentuk buku atau audio visual, meningkatkan peran pemerintah, untuk menyediakan bahan literasi. Karena itu ditawarkan kepada periset Jember, yang didukung insentif.

Sementara Dekan FKIP Unej, Prof. Dr. Bambang Supeno, dalam kesempatan tersebut sangat mendukung program BRIN tersebut. Dia menjelaskan sudah menyiapkan buku-buku hasil riset karya dosen FKIP, lebih 200 judul.

Pihak BRIN menginginkan, yang terkait  muatan lokal ke Jemberan, jadi buku ini nantinya bisa diterbitkan di brin atau kalau ada buku yang jadi bisa disampaikan ke BRIN. Karena itu, siapa pun yang mengakses produk dosen FKIP, bisa diakses melalui BRIN.

Harapannya dengan tereksplorasi karya-karya dosen FKIP, terkait dengan tembakau, peninggalan budaya dan situs-situs sejarah, bisa dikenal masyarakat banyak baik dalam maupun luar negeri. Kedepan kunjungan wisata semakin banyak. jika kunjungan wisata banyak ekonomi akan terangkat. (iza/mia)

SHARE
Previous articleKandas Jadi PNS, Terlanjur Setor Uang Belasan Juta
Next articleResidivis Beraksi di Rumah Warga Ditangkap Satreskrim Polsek Semboro
Avatar
Kami adalah Jurnalis Jaringan NewsOnline, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa. Email: totoksumianta45@gmail.com WA: 0852-5883-1029

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here