Home Berita Soenipto Dimakamkan Secara Militer di TMP Tanggul

Soenipto Dimakamkan Secara Militer di TMP Tanggul

0
SHARE

Jember,newsonline.id-Danramil 0824/16 Tanggul Kapten Inf Abd. Muntolib memimpim Inspektur upacara pemakaman Almarhum Sertu (Purn) Soenipto Anggota Pepabri Ancab Jember-Ranting Tanggul di Taman Makam Pahlawan (TMP) Tanggul, Kamis, 8 Agustus 2024.

Prosesi pemakaman berlangsung secara militer yang rangkaiannya terdiri atas iring-iringan jasad dari pintu masuk (TMP) Tanggul menuju liang lahat.

Dan kemudian dilanjutkan penembakan kehormatan yang juga dikenal dengan tembakan salvo.

Dilanjutkan pemakaman Almarhum (Purn) Soenipto keliang lahat, serta peletakan karangan bunga oleh kerabat keluarga Almarhum. Dan selanjutnya pembacaan tentang riwayat masa hidup Almarhum oleh Inspektur Upacara Kapten Inf Abd. Muntolib.

Pkt/NRP. Sertu (Purn)/433045.
Tempat Lahir, Jember, 01 Desember 1942 Agama Islam , Suku Bangsa Jawa, Tamat TNI Secata Tahun 1960, Secaba Tahun 1987, Purn Tamat 31 Desember 1990, Satuan Kodim 0824/Jember.

Almarhum Sertu (Purn) Soenipto bertempat tinggal di Dusun Jatian RT. 001 / RW. 010 Desa Pondok Dalem Kecamatan Semboro Kabupaten Jember. Almarhum Sertu (Purn) Soenipto di makamkan di tempat Taman Makam Pahlawan (TMP) Tanggul

Di Jalan Salak Dusun Krajan Desa Tanggul Wetan Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember-Jawa Timur. Almarhum Sertu (Purn) Soenipto meninggal dunia di karenakan sakit, dan juga meninggalkan keluarga seorang istri Ani Hartini dan 4 seorang anak.

Tanda Kehormatan Militer sebagai berikut
1. SL. Sapta Marga Manado
2. SL. Sapta Dharma Trikora
3. SL. Tompa Ditil Makasar
4. SL. Pepera Irian Barat
5. SL.VIII, XVI, XXIV
6. SL. Dharma Pala
7. SL. G30S PKI
8. SL. Veteran.

Upacara Pemakaman Militer Almarhum Sertu (Purn) Soenipto Nrp 433045 Anggota Pepabri Ancab Jember Ranting Tanggul, yang diikuti sekitar 100 orang, bertindak selaku Irup Kapten Inf Abdul Muntolib Danramil 0824/16 Tanggul dan Danup Peltu Suryo Hadi Danpos Ramil 0824/31 Semboro.

Serma Yasin Baminpers Kodim 0824/Jember dan perwakilan personel jajaran Kodim 0824/Jember, dan keluarga serta kerabat Almarhum dan perwakilan Pepabri Ranting Tanggul, Toga dan Tomas. Dusun Jatian Desa Pondok Dalem Kecamatan Semboro.

Sambutan dari pihak keluarga Almarhum yang intinya sebagai berikut.

“Kami mewakili pihak keluarga mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang sudah meluangkan waktunya yang dapat hadir dalam upacara pemakaman Almarhum Sertu (Purn) Soenipto.

Sebagai manusia selama hidupnya Almarhum mempunyai kesalahan maupun kekhilafan dan utang piutang, kami mohon maaf dan bisa menghubungi ahli waris. Semoga semua amal ibadahnya Almarhum diterima Tuhan Yang Maha Esa dan ditempatkan di surganya”Kata Rudi

“Inspetul Upacara Kapten Inf Abd. Mintolib Ramil 0824/16 Tanggul. Bapak-bapak, ibu-ibu dan hadirin sekalian yang saya hormati, pada hari ini dalam suasana yang duka, dan kehadiran kita bersama disini adalah merupakan ungkapan rasa bela sungkawa kepada keluarga.

Penghormatan terakhir kita kepada Almarhum, dan untuk itu marilah kita do’akan semoga segala dosa dan kesalahan Almarhum, diampuni oleh Tuhan Yang Maha Kuasa, dan amal ibadahnya diterima serta arwahnya mendapat tempat yang layak disisimya Aamiin.

Dan kepada keluarga yang ditinggalkan semoga tetap diberikan keteguhan iman serta tabah dan sabar dalam menghadapi cobaan ini.

Pemakaman militer merupakan hak dan penghormatan terakhir yang diperuntukkan bagi setiap prajurit TNI yang meninggal dunia.
Sebagai bentuk penghargaan dari Negara atas jasa-jasa serta darma bakti kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia”Imbuh Muntolib.
(Indra)

SHARE
Previous articleBertema ”PPAD Bersama TNI AD Menuju Indonesia Maju” Itulah Peringatan HUT Ke-21 PPAD di Tanggul
Next article
Avatar
Kami adalah Jurnalis Jaringan NewsOnline, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa. Email: totoksumianta45@gmail.com WA: 0852-5883-1029

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here