Home Berita RTD Bendungan Beringin Sila Telah Ditandatangani

RTD Bendungan Beringin Sila Telah Ditandatangani

0
SHARE

Sumbawa Besar, newsonline.id – Rencana Tindak Darurat (RTD) Bendungan Beringin Sila telah ditandatangi oleh para pihak termasuk Bupati Sumbawa. Dokumen tersebut merupakan pegangan semua pihak atas tindakan yang akan dilakukan, bila terdapat kejadian diluar recana atas bendungan.

“Kemarin bapak bupati sumbawa sudah menandatangani Rancangan Tindak Darurat (RTD) daripada bendungan itu sendiri. Itu 16 september 2021 kemarin. RTD itu, dokumen pelengkap dokumen dari awal. Baik dari perencanaan dan sebagainya,” kata Lalu Suharmaji Kartawijaya, Asisten II Setda Sumbawa, di ruang kerjanya Senin (04/10).

Dijelaskan, dokumen RTD menjadi rujukan tindakan pemerintah daerah, masyarakat dan pemerintah pusat (kementerian PUPR), bila terjadi kejadian luar biasa seperti kebocoran. RTD telah ditandatangani oleh Bupati Sumbawa, bersama kepala Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara I, dan Dirjen Sumber Daya Air dari Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR).

“RTD itu apabila misalnya, bendungan itu sewaktu-waktu bocor. Jadi apa tindakan pemerintah daerah, apa tindakan masyarakat dan apa tindakan pemilik bangunan. Dan didalam dokumen itu sudah tertuang semua, yang menjadi kewajiban kita semua. Dan itu adalah dokumen yang harus ada dalam pembangunan suatu bendungan. Karena bendungan itu menahan air yang begitu banyak, sehingga kalau ada kejadian yang tidak kita inginkan, tidak kita rencanakan, jadi kita sudah ada pegangan,” jelasnya.

Ia berharap, masyarakat sekitar bendungan dapat menjaga kelestarian hutan untuk keberlangsungan debit air bendungan. Sebab Bendungan Beringin Sila nantinya, selain untuk kebutuhan irigasi, juga diproyeksi untuk terpenuhinya kebutuhan air bersih dan obyek wisata.

“karena bendungan beringin sila akan bermanfaat dari berbagai macam sisi. Bukan hanya dari areal pertaniannya saja. Karena nanti juga akan menjadi pemasok air bersih, jadi tempat wisata baru. Dan wisata ini, akan berdampak pada ekonomi masyarakat sekitar. Mudah-mudahan ini bisa memberikan efek ekonomi terhadap masyarakat sekitar,” jelasnya. (Mandausing)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here