Home Berita Muhammad Yasin Tampung Permintaan Masyarakat Dusun Rate Dominan Sektor Pertanian

Muhammad Yasin Tampung Permintaan Masyarakat Dusun Rate Dominan Sektor Pertanian

0
SHARE

Sumbawa Besar, newsonline.id –M. Yasin Musamma, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumbawa dari Daerah Pemilihan (Dapil) II Kabupaten Sumbawa melaksanakan penyerapan aspirasi warga Dusun Rate Desa Tatebal Kecamatan Lenangguar, Selasa (19/10). Kegiatan reses ini di hadiri oleh Camat Lenangguar, Babinkantibmas Desa Tatebal, Kades Tatebal, Tokoh masyarakat, Tokoh agama dan tokoh pemuda serta petani.

“Masyarakat warga Dusun Rate Desa Tatebal mayoritas bermata pencaharian sebagai petani sehingga banyak menyoroti persoalan pertanian di desanya ” ucap Yasin Musamma Anggota DPRD Fraksi Demokrat ini usai kegiatan menjaring aspirasi rakyat.

Lanjutnya mengatakan bahwa persoalan pertanian ini ada yang menjadi kewenangan desa dan ada juga yang menjadi kewenangan Kabupaten agar segera dapat diadakan. “Beberapa permasalahan yang dihadapi petani di Desa Tatebal diantaranya adalah terbatasnya ketersediaan pupuk untuk petani , pengadaan bibit jagung yang tidak sesuai dengan permintaan, Jaringan irigasi yang dibutuhkan pembangunan, Jalan usaha Tani yang butuh sentuhan, Kurangnya tenaga teknis /PPL pertanian di lapangan. Di dalam reses tersebut ada juga permintaan untuk Pengadaan sarana dan prasarana Taman Pendidikan Alquran (TPQ) “Ucap Yasin yang juga Anggota Badan Anggaran DPRD Sumbawa ini.

Yasin Musamma menuturkan bahwa DPRD Kabupaten Sumbawa akan membantu sharing penganggarannya jika diperlukan. “Kami mendorong agar pembangunan pertanian di Desa itu harus berlanjut, meskipun pemerintah Provinsi juga siap untuk membantu, ” ungkapnya.

Dalam Reses tersebut Yasin Musamma memaparkan dasar hukum reses, pengertian reses, tujuan reses, out put reses bahkan fungsi DPRD dan kewenangan DPRD. “Sebagaimana tugas dan fungsinya DPRD, bila ada program pembangunan yang belum tuntas dan belum tepat kami berkewajiban untuk mengawasinya. Kami akan bekerja sungguh-sungguh untuk rakyat dan memperjuangkan aspirasi masyarakat,” kata Yasin mengakhiri.

Dalam kesempatan tersebut Camat Lenangguar Syahruddin S.Sos memberikan sambutannya dan menyampaikan apresiasi atas kehadiran Anggota DPRD kabupaten Sumbawa di Lenangguar. “Terima kasih kepada sahabat saya Yasin Musamma yang telah melaksanakan reses di kecamatan Lenangguar, tentunya ini kesempatan bagi kita semua utk menyampaikan aspirasi atau keluhan sehingga bisa di perjuangankan oleh anggota DPRD ” Ucap Bang Lut sapaan akrab Camat Lenangguar ini.

Kemudian lanjutnya, terkait dengan persoalan pertanian di Kecamatan Lenangguar dibutuhkan oleh warga untuk dapat diakomodir, terutama Tenaga PPL yang masih kurang, sementara luasnya wilayah pertanian di Desa tidak sebanding dengan jumlah PPL, sehingga perlu menjadi perhatian serius agar PPL dapat di tambah personilnya” Ungkapnya

Syahruddin menuturkan sekiranya harus dilibatkan dalam perencanaan seperti Ada pelatihan khusus bagi petani utk membuat pupuk organik kami siap. “Demikian pula untuk mengantisipasi kekurangan pupuk, diperlukan pelatihan khusus bagi petani untuk membuat pupuk organik,” katanya, mengakhiri. (Ruf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here