Home Berita Menteri PUPR Bertemu Menteri Lingkungan Korea Selatan

Menteri PUPR Bertemu Menteri Lingkungan Korea Selatan

0
SHARE

Glasgow, newsonline.id– Di hari ketiga Conference of the Parties (COP) ke-26 di Glasgow, Skotlandia, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengadakan pertemuan bilateral dengan Menteri Lingkungan Korea Selatan Han Jeoung-ae, Rabu (3/11). Pertemuan kedua Mentri, untuk membicarakan berbagai hal, termasuk penguatan kerjasama infrastruktur.

“Saya menyampaikan apresiasi kepada Kementerian Lingkungan Korea Selatan atas dukungannya untuk memperkuat kerja sama infrastruktur, termasuk ahli bendungan yang dirasakan sangat membantu,” kata Menteri Basuki.

Selain itu, juga dibicarakan Kerja sama terkait pengembangan infrastruktur berbasis Teknologi Informasi Komunikasi (TIK/ICT). Khususnya teknologi Advanced Hydrologic Measurement dan Pilot Project Smart Water Management Denpasar.

Menteri Basuki juga menyampaikan rencananya untuk mengunjungi Korea Selatan akhir tahun ini untuk melihat beberapa proyek smart city, di antaranya Smart Village di Eco Delta City, Songdo City dan Sejong City. “Saya tertarik untuk mempelajari bagaimana kota-kota baru itu dibangun dari awal, bagaimana konsep kota pintar dapat diimplementasikan,” ujarnya.

Menteri Basuki menyatakan, Kementerian PUPR ingin banyak mempelajari pengalaman Korea tersebut sehubungan dengan rencana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur. Dan rencananya untuk pengembangan pemanfaatan bendungan untuk sumber energi terbarukan, seperti pemanfaatan tenaga hidro dan pemasangan panel surya di bendungan untuk menghasilkan energi listrik. (Mandausing)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here