Home Berita Kadikbud : Pelaksanaan PTMT Dievaluasi Berkala

Kadikbud : Pelaksanaan PTMT Dievaluasi Berkala

0
SHARE

Sumbawa Besar, newsonline.id – Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) yang diawali awal minggu ini, akan dievaluasi secara berkala. Namun sejauh ini pelaksanaan berjalan lancar, karena dibantu Satgas Covid-19 kecamatan.

“Senin depan, kita juga akan lakukan evaluasi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas selama satu minggu ini. mungkin selama satu bulan kita juga bisa evaluasi, apakah kita juga bisa melaksanakan tatap muka terbatas, atau full,” kata Sahril, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa di ruang kerjanya, Kamis (02/09).

Diungkapkan, jika dari hasil evaluasi PTMT berjalan baik selama beberapa waktu mendatang, maka pembelajaran tatap muka penuh akan diberlakukan jika dimungkinkan oleh regulasi. “Nanti kita lihat dari hasil factual di lapangan dan regulasi yang ada. Jika regulasi juga memungkinkan untuk laksaakan tatap muka secara penuh maka otomatis kita juga harus melihat secara factual dilapangan. Sepanjang regulasi memungkinkan untuk terus dilakukan pembelajaran tatap muka, tentu kita bersyukur,” ucapnya.

Disebutkan, bila melihat dari kondisi penyebaran dan penularan covid-19 yang terjadi penurunan hingga saat ini, menjadi angina segar untuk pembelajaran tatap muka penuh. “Kemudian pada sisi yang lain, kondisi epidemologi di lapangan menunjukkan angka yang terus menurun. Tentu ini menjadi angina segar bagi anak-anak kita untuk pembelajaran tetap muka, bahkan bisa jadi untuk pembelajaran tatap muka secara penuh. Kalau sekarang kan masih terbatas, tentu kita berharap itu menjadi tatap muka normal,” katanya.

Ditegaskan, pelaksanaan PTMT di Kabupaten Sumbawa akan dievaluasi secara berkala baik mingguan ataupun bulanan. Namun selama 4 hari berjalan, proses belajar berjalan sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang ditetapkan sebelumnya.

“Sampai dengan hari kamis ini, berdasarkan pantauan kami di lapangan ataupan laporan-laporan dari sekolah, berjalan baik, lancar. Prokesnya juga secara terus-menerus juga menjadi perhatian,” jelasnya.

Satgas Kecamatan Aktif Memantau

Diakui, kelancaran proses PTMT selama beberapa hari ini, tidak lepas dari peran satgas covid-19 kecamatan yang aktif melakukan monitoring. “bukan saja oleh sekolah. Tapi juga disupervisi, dimonitoring oleh satgas kecamatan. Itu yang membuat kami terbantu. Karena ini menjadi tanggungjawab bersama. Saya melihat, keterlibatan semua pihak, termasuk satgas kecamatan untuk melakukan monitoring di sekolah di wilayah masing-masing itu sangat membantu kita dinas untuk mengeliminir hal-hal yang masih kurang,” tuturnya.

Ia menilai, satgas kecamatan sangat membantu, terutama dalam melakukan perbaikan-perbaikan di sekolah. “Satgas kecamatan berfungsi dengan baik dan sekolah pun dengan antuasias menyambut satgas untuk melakukan perbaikan-perbaikan jika disana-sini ada kekurangan. Sejauh ini, tidak ada sekolah yang tidak menerapkan SOP sesuai dengan surat yang ditetapkan kepala dinas dikbud maupun dalam surat edaran bupati,” tegasnya. (Mandausing)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here