Home Berita Forum Kerukunan Pesilat Puger Turut Sukseskan 1 Abad PSHT dan Rutin Silaturahmi

Forum Kerukunan Pesilat Puger Turut Sukseskan 1 Abad PSHT dan Rutin Silaturahmi

0
SHARE

JEMBER, Newsonline.id – Kebersamaan dan kerukunan antar Perguruan Silat menjadi suatu yang fenomenal dan sangat istimewa. Mengingat akhir-akhir ini di Kabupaten Jember telah beberapa kali terjadi bentrok akibat kesalahpahaman antar anggota perguruan silat.

Impian mewujudkan kebersamaan dan kerukunan ini telah menjadi kenyataan, hal ini terlihat pada acara kirab Tanah dan Tirta Suci oleh PSHT Cabang Jember menuju Padepokan Pusat PSHT Madiun dalam rangka 1 Abad Perguruan Setia Hati Terate.

Puluhan pesilat dari beberapa perguruan silat PSHT, Pagar Nusa, Cipta Sejati, dan Cempaka Putih, yang bersatu dalam Forum Kerukunan Pesilat (FKP) kecamatan Puger mensukseskan, dan ikut menyambut konvoi kendaraan kirab yang melintas jalan raya di wilayah Kecamatan Puger, Sabtu (02/07/2022).

Berjajar secara tertib di pinggir jalan raya dengan menggunakan pakaian pendekar dan atribut masing-masing Perguruan Silat, mereka melakukan pengamanan bersama Muspika Puger dan Polisi Pamong Praja.

Kerukunan FKP terlihat dari senda gurau di antara mereka, dan beberapa kali melakukan sesi foto bersama untuk mengabadikan peristiwa langka 1 Abad PSHT atau disebut PSHT Emas.

Saat rombongan pembawa tanah dan air suci PSHT melintasi jalan raya, mereka juga turut melambaikan tangan dan memberi ucapan salam kepada rombongan kirab, dan sebaliknya Lambaian tangan dan kibaran bendera Merah Putih disambut dengan penuh rasa persaudaraan oleh rombongan pembawa Tanah dan Air Suci PSHT.

FKP Rutin Adakan Pertemuan
Selain mendukung acara 1 Abad PSHT, bentuk kegiatan lain yang rutin dilakukan FKP Puger semenjak terbentuk yaitu melakukan kegiatan rutinan silaturahmi dan koordinasi antar perguruan silat di kecamatan Puger.

Kegiatan rutin ini sesuai dengan tujuan dibentuknya Forum ini sebagai wadah dan sarana untuk diskusi untuk menjaga Kamtibmas di Kecamatan Puger. Sebagai tindak lanjut Program Forkompimda Kabupaten Jember yang bertujuan untuk menjaga Kamtibmas di wilayah kabupaten Jember.

Dalam acara Rutinan yang diselenggarakan pada Rabu (06/07/2022) di halaman rumah, Ahmad Fauzi, Ketua Perguruan Silat Cipta Sejati di desa Puger Kulon, selain bersilahturahmi juga dibahas terkait lomba wajib IPSI untuk kategori jurus wajib beregu.

Hadir dalam acara, Ahmad Fauzi ketua Ranting Puger PS Cipta Sejati, Hasbullah Ketua PSHT Ranting Puger, Ketua perguruan Pagar Nusa, Hadi, Perguruan PS. Cempaka Putih,  Abdul Rhoman , bersama beberapa anggota masing-masing perguruan. Serta dihadiri Aiptu Slamet Hariono, Bripka Riski dari Polsek Puger.

Hal yang patut diacungi jempol, masing-masing perwakilan perguruan menyampaikan merasa bersyukur dengan terbentuknya Forum Kerukunan Pesilat Puger. Dengan adanya FPK bersilaturrohim dan koordinasi bersama kerukunan pesilat se-kecamatan Puger.

“Belajar silat bukan untuk mencari lawan atau musuh, namun untuk membentuk diri kita menjadi sehat, menambah saudara atau teman, dan yang penting melestarikan pencak silat sebagai warisan seni dan budaya Indonesia.” (her)

SHARE
Previous articleKapolda Jatim Resmi Lantik Dirlantas dan Karumkit Bhayangkara Tk.II Jatim serta 12 Kapolres Jajaran
Next articlePangdivif 2 Kostrad Tinjau Brigif PR 18, Yonif PR 502 dan Kikav 8 Kostrad
Avatar
Kami adalah Jurnalis Jaringan NewsOnline, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa. Email: totoksumianta45@gmail.com WA: 0852-5883-1029

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here