Home Berita Cegah Penyakit DBD, Lapas Kelas llA Jember Lakukan Fogging Ke Seluruh Area...

Cegah Penyakit DBD, Lapas Kelas llA Jember Lakukan Fogging Ke Seluruh Area Lapas

0
SHARE

Jember, Newsonline.id – Sebagai langkah pencegahan penyakit Demam Berdarah (DBD), Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Jember dengan menggandeng Puskesmas Patrang melaksanakan fogging atau penyemprotan insektisida ke seluruh lingkungan blok/kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) pada Sabtu, (02/12/23).

Lapas merupakan area yang rawan menjadi tempat penyebaran demam berdarah karena banyaknya penghuni yang berada dalam satu ruangan.

Sebelum dilaksanakan penyemprotan terlebih dahulu dilakukan sosialisasi/pemberitahuan kepada para WBP supaya menutup makanan dan minuman agar terhindar dari asap fogging.

Kalapas Kelas llA Jember Hasan Basri melalui Kasi Binadik Hendri Astronino ” berpesan agar semua Warga Binaaan Proaktif terhadap kebersihan lingkungan, karena dimusim penghujan ini harus benar – benar waspada akan jentik – jentik nyamuk yang mengakibatkan terserangnya penyakit Demam Berdarah Dengue ( DBD).” Ucapnya.

Sebanyak
833 Narapidana dan 203 tahanan
penghuni Lapas Jember diminta untuk keluar kamar dan blok masing-masing serta diminta untuk menutup seluruh makanan dan minuman yang ada di dalam kamar hunian agar petugas Fogging dapat melakukan tugas nya. Seluruh penghuni dikumpulkan di lapangan dengan pengawasan petugas. Tidak hanya area blok hunian namun area kantor juga dilakukan pengasapan atau Fogging.

Usai pelaksanaan fogging diharapkan petugas dan WBP Lapas kelas llA Jember dapat terhindar dari demam berdarah (DBD). Selain itu Kasi Binadik menghimbau kepada seluruh WBP untuk selalu menjaga kebersihan kamar dan blok hunian untuk mencegah munculnya sarang nyamuk sebagai penyebab
Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Fogging ini menjadi salah satu langkah progresif kami dalam mencegah dan mengendalikan vektor penyakit demam berdarah yang mana populasi nyamuk yang semakin banyak, cuaca yang tidak tentu juga menjadi faktor kami untuk melaksanakan giat ini dan terima kasih serta apresiasi sebanyak-banyaknya kepada Puskesmas Patrang yang sudah mau bersinergi membantu kami,” Ucap Kepala Seksi Bimbingan Narapidana/Anak Didik ( Kasi Binadik )Lapas Kelas IIA Jember, Hendri Astronino P. SH, M.SI

“Semoga setelah ini baik Pegawai dan Warga Binaan dapat terhindar dari penyakit khususnya demam berdarah dan selalu terjaga kesehatannya.” Tambah Hendri.

“Sebelumnya baik Pegawai dan juga warga binaan juga sudah dihimbau untuk selalu menjaga kebersihan dan 3M ( Menguras, Menutup dan Mengubur) tempat-tempat yang menjadi cikal bakal sarang nyamuk.”lanjut Hendri .
( A.Mulyono)

SHARE
Previous articleMembangun Bangsa dan Negara di Sektor Pertanian
Next articleRotasi Waka Polres dan Sejumlah Pejabat Utama Polres Jember, Kapolres AKBP Moh Nurhidayat Pimpin Serah Terima Jabatan
Avatar
Kami adalah Jurnalis Jaringan NewsOnline, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa. Email: totoksumianta45@gmail.com WA: 0852-5883-1029

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here