Home Uncategorized BPBD Provinsi Terus Memberikan Support Kepada BPBD Kabupaten Jember

BPBD Provinsi Terus Memberikan Support Kepada BPBD Kabupaten Jember

0
SHARE

JEMBER , News Online.id — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jember Jawa Timur terus mendapat support dari BPBD Provinsi Jawa Timur dalam memenuhi sarana prasarana daerah bagi penanggulangan bencana.

Hari ini, Rabu 23 Juni 2021, Kepala BPBD Kabupaten Jember, Moh. Djamil memberi peluang kepada media untuk melihat langsung bantuan speedboat yang diterima oleh BPBD Jember.

Di temui di area parkir Kantor BPBD Jl. danau Toba No. 16, Lingkungan Panji Tegalgede Kecamatan Sumbersari, Kepala BPBD Jember, Djamil menyampaikan secara detai berkaitan berbagai bantuan yang telah diterima oleh BPBD Jember.

“Ya, pada tahap awal kita dapat bantuan terkait dengan penerapan protokol kesehatan, diantaranya ada masker, handsanitezer, APD untuk pemakaman dan beberapa bantuan yang lain, nilai yang paling besar itu adalah bantuan speedboat,” tuturnya.

Kita memiliki pantai laut selatan yang beberapa kali terjadi kecelakaan laut, kita juga punya potensi ancaman bencana baik itu gempa bumi atau tsunami yang setidak tidaknya kita melakukan upaya mitigasi bagi mengurangi resiko dan melakukan pemetaan bencana.

Perlunya langkah-langkah diambil oleh masyarakat, Pemerintah dan semua pihak yang berkepentingan terkait dengan potensi tersebut secara terpadu dan tepat untuk merumuskan aoa yang harus ditempuh untuk menghadapi itu semua.

“Kita tidak tahu kapan bencana terjadi, tapi katakan hasil studi menyatakan ada ancaman bencana, kita harus melakukan upaya-upaya kesiap-siagaan bencana, salah satunya kita mendapatkan bantuan speedboat ini,” jelasnya.

Banyak komponen-komponen kesiap-siagaan, salah satunya adalah pelibatan masyarakat secara pentahelix dalam upaya merumuskan dan mensosialisasikan hasil kajian resiko bencana.

Puger merupakan daerah padat tepi pantai, ada lokasi yang dekat dengan ketinggianya melebihi potensi tsunami yang mungkin terjadi yaitu gunung kapur, sehingga perlu kita rumuskan bersama metode untuk jalur evakuasinya bersama masyarakat.

Berkaitan dengan bantuan speedboat, Djamil menjelaskan, kita akan tempatkan di kantor BPBD, tinggal kita membuat alat untuk bisa dibawak secara mobail nantinya.

Melihat luasan cakupan wilayah yang ada di Kabupaten Jember, peralatan yang ada masih dirasa kurang dan pihaknya sudah mengajukan kepada BPBD Provinsi dan BNPB.

“Kita sudah mengajukan permohonan bantuan tiga jenis speedboat dengan berbagai kapasitas, selait untuk kebutuhan rescue juga ada yang ukuran besar bagi sarana evakuasi. Secara bertahap memungkinkan kita sudah ada alat-alat untuk penyelamatan,” tegasnya.

Bantuan speedboat yang baru saja diterima oleh BPBD Kabupaten Jember ini berkapasitas delapan orang, diharapkan akan lebih memaksimalkan lagi pelayanan kepada masyarakat.(Lilik)

SHARE
Previous articlePH Almarhum Suciwati Berharap Polisi Segera Bongkar Kasus Tindak Pidana Perbankan
Next articleDitanya Soal Kabar Ambulance Desa, Ini Penjelasan Bupati Hendy
Avatar
Kami adalah Jurnalis Jaringan NewsOnline, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa. Email: totoksumianta45@gmail.com WA: 0852-5883-1029

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here