Home Berita YIKT – LPI Argopuro Panti Jember Gelar Do’a bersama dan Penyantunan...

YIKT – LPI Argopuro Panti Jember Gelar Do’a bersama dan Penyantunan kepada Anak Yatim dan Piatu

0
SHARE

Jember, Newsonline.id –
Yayasan Ikhtiar Kejayaan Tani Lembaga Pendidikan Islam ( YIKT – LPI )Argopuro Panti Jember Gelar Do’a bersama dan Penyantunan kepada Anak Yatim dan Piatu dari TK hingga SMA dalam rangka memperingati hari kesepuluh bulan Muharram 1446 Hijriyah,Selasa ( 16/7/2024).

Rasulullah SAW bersabda, “Sebaik-baiknya rumah kaum muslimin jika di dalamnya anak yatim diperlakukan secara baik dan seburuk-buruknya rumah orang Islam bila anak yatim diperlakukan secara buruk” (HR Ibnu Mubarak)

Dalam Al-Qur’an, berbagai hal yang berkaitan dengan anak yatim, bahwa kedudukan anak yatim begitu istimewa dalam ajaran Islam, sebagaimana yang termaktub
QS. Al-Baqarah Ayat 215
يَسْـَٔلُوْنَكَ مَاذَا يُنْفِقُوْنَ ۗ قُلْ مَآ اَنْفَقْتُمْ مِّنْ خَيْرٍ فَلِلْوَالِدَيْنِ وَالْاَقْرَبِيْنَ وَالْيَتٰمٰى وَالْمَسٰكِيْنِ وَابْنِ السَّبِيْلِ ۗ وَمَا تَفْعَلُوْا مِنْ خَيْرٍ فَاِنَّ اللّٰهَ بِهٖ عَلِيْمٌ

Mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang apa yang harus mereka infakkan. Katakanlah, “Harta apa saja yang kamu infakkan, hendaknya diperuntukkan bagi kedua orang tua, kerabat, anak yatim, orang miskin dan orang yang dalam perjalanan.” Dan kebaikan apa saja yang kamu kerjakan, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahui.

Acara yang berlangsung di Musholla Al Manhal pada hari Selasa ( 16 Juli 2024 ) dihadiri oleh Ketua Yayasan Ikhtiar Kejayaan Tani ( YIKT ) Argopuro Panti Jember H. Agus Idham Khalid,SPd, pembina Yayasan KH. Agus Mahdi Amin, Semua dewan Guru Mulai dari TK, MI, SMP, dan SMA yang berada di bawah naungan Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Argopuro Panti, Tokoh masyarakat terkemuka di wilayah kecamatan Panti dan segenap murid penerima santunan.

” Untuk kegiatan santunan anak yatim dan piatu, kami melaksanakannya setahun 2 kali, yaitu di Bulan Puasa menjelang Hari Raya Idul Fitri, juga setiap Bulan Muharrom”, ujar Agus Idham Khalid.

Selain itu, Ketua Yayasan yang juga menjabat sebagai Kapolsek Panti Jember, ia juga mengucapkan terima kasih kepada para donatur ( penyantun) serta seluruh pihak yang telah ikut berpartisipasi mensukseskan kegiatan do’a bersama, penyantunan kepada anak yatim dan piatu tersebut.

” kita berdo’a memohon kepada Allah SWT agar senantiasa diberikan berkah dan rahmat, serta selalu dalam lindungan-NYA dalam menjalankan tugas di Lembaga Pendidikan Islam Argopuro,” tutur H. Agus Idha Khalid.

Di tempat yang sama, KH. Agus Mahdi Amin dalam tausiyahnya memaparkan selayang pandang tentang berbagai peristiwa yang terjadi pada tanggal 10 Muharram. Allah telah memberikan kemenangan terhadap para Nabi terdahulu, setelah mereka sekuat tenaga menegakkan kalimat Allah,dan
Hal ini bisa dibuktikan dalam sejarah, yaitu terdapat 20 Peristiwa Penting yang Pernah Terjadi di Hari Asyura 10 Muharram diantaranya :
1. Diciptakannya Nabi Adam AS di surga
2. Diterimanya taubat Nabi Adam AS
3. Naik dan sejajarnya
perahu Nabi Nuh AS
dengan Bukit Judi
setelah banjir besar,
serta turunnya ke
muka bumi setelah
banjir bandang
4. Dikeluarkannya Nabi Yunus AS dari perut ikan paus
5. Diterimanya taubat umat Nabi Yunus AS
6. Dilahirkannya Nabi Ibrahim AS
7. Selamatnya Nabi
Ibrahim AS dari api
yang membakarnya
oleh Raja Namrud
8. Dikeluarkannya Nabi Yusuf AS dari sumur setelah diceburkan saudara-saudaranya
9. Dipertemukannya
Nabi Yusuf AS
dengan
keluarganya
kembali
10.Disembuhkannya
penglihatan Nabi
Ya’qub AS
11.Dibukanya
(dihilangkan)
‘madhorot’ yang
mendera Nabi
Ayyub AS
12.Diampuninya Nabi
Daud AS
13.Terbelahnya Laut
Merah untuk Nabi
Musa AS setelah
dikejar Fir’aun
14.Tenggelamnya
Fir’aun di dasar
Laut Merah saat
mengejar Nabi
Musa AS
15.Dilahirkannya Nabi
Isa AS
16.Diangkatnya Nabi
Isa AS ke langit
17.Dibolak-balikannya
tubuh ashabul
kahfi
(para pemuda Bani
Israil yang
bersembunyi di
dalam gua)
18.Diciptakannya ruh
Nabi Muhammad
SAW
19.Dikandungnya
Nabi Muhammad di
rahim Ibunda
Aminah RA
20.Wafatnya cucu
Nabi Muhammad
yaitu Sayyidina
Husein RA.

“Semoga Allah membalas kebaikan kepada semua para donatur dan menjadi keberkahan bagi keluarga besar para penyantun dalam menjalankan amanah dari Allah SWT.,” pungkasnya.
( A.Mulyono/Angga )

SHARE
Previous articlePj. Gubernur Maluku Dukung Kampanye dan Sosialiasi Kental Manis Bukan Susu
Next articleHatta Taliwang: AMNT Kelewatan, Masa Urusan Pasir Aja Perusahaan Luar Yang Kerjakan
Avatar
Kami adalah Jurnalis Jaringan NewsOnline, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa. Email: totoksumianta45@gmail.com WA: 0852-5883-1029

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here