Home Berita FWLM Jember Gelar Pelatihan Jurnalistik Bersama PTPN X Kertosari

FWLM Jember Gelar Pelatihan Jurnalistik Bersama PTPN X Kertosari

0
SHARE

JEMBER, NEWSONLINE.ID – Setelah lama vakum tak mengadakan pelatihan karena merebaknya pandemi covid 19 kemarin. Untuk lebih meningkatkan kemampuan anggotanya dalam menulis berita, Forum Wartawan Lintas Media (FWLM) Jember menggelar pelatihan Jurnalistik di Aula PTPN X Tembakau Kebun Kertosari yang berada di wilayah Kecamatan Pakusari, Kamis (25/8/2022).

Selain, bekerjasama dengan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X Tembakau, kegiatan itu juga di dukung oleh Hotel Dafam dan kantor Imigrasi Jember itu, selain diikuti oleh semua anggota FWLM, ada juga beberapa Pers Kampus dan dari Organisasi Pers lainnya yang berada di wilayah Jember.

Tema yang ambil yakni meningkatkan Profesionalitas jurnalistik. Oleh karena itu pelatihan dilakukan satu hari penuh. Berbagai pelatihan yakni Fotografi, Penulisan Berita berbasis Isu, Kode Etik Jurnalistik , Menejemen Perusahaan Media dan Media sosial.

“Kegiatan ini, merupakan agenda tahunan yang digelar FWLM, hanya saja 2 Tahun belakangan ini kami sempat Vakum karena Pandemi Covid-19.” ujar Ketua Panitia kegiatan Edi Winarko dari salah satu media harian regional ini.

“Dan baru bisa dilakukan pada tahun ini, bersama PTPN X kertosari, dan saya ucapkan Terima kasih, adik-adik Mahasiswa, serta lembaga yang mitra kita, yang telah mengirimkan anggotanya untuk mengikuti pelatihan ini,”ujarnya.

Pria yang akrab di Edi White ini mengatakan tujuan dari pelatihan itu, guna meningkatkan skill Jurnalistik anggota FWLM dan para Pers lainnya yang hadir. Sehingga dalam menyajikan berita yang dapat memberi Edukasi dan pencerahan serta menjadi Informatif bagi Masyarakat.

“Sehingga Masyarakat akan tahu dan tidak mudah percaya dengan berita berita yang Hoax, itu salah satu contoh. Karena di Era Digital ini sudah terlalu banyak berita-berita Hoax yang tidak dapat dipertanggungjawabkan,” katanya.

Sementara itu, Manager Umum dan Aset PT Perkebunan Nusantara X Kertosari, Dani Sukmana Pribadi mengucapkan terima kasih, sebab pelatihan ini, juga sebagai penguat kerja sama dengan para pelaku Media.

“Harapannya Upgreading ini akan membawa manfaat yang lebih baik lagi, untuk pemberitaan di seluruh wilayah Kabupaten Jember,” jlentrehnya.

Mengingat Lanjutnya, PT Perkebunan Nusantara X Kertosari selama ini, sangat terbantu dengan kehadiran Media. Sebab, seluruh aktifitas dan prestasi perusahaan, bisa terkabarkan di telinga masyarakat.

“Informasi-informasi kegiatan kita, bisa tersebar luas kemasyarakat, dan terkabarkan dengan sangat baik, dan itu tidak lepas dari teman-teman wartawan pastinya,”imbuhnya

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jember Bobby A Sandi mengapresiasi kegiatan FWLM tersebut,karena peningkatan skill jurnalis di era Revolusi 4.0. memang sangat dibutuhkan.

“Jadi ada dunia lain, yang mau tidak mau, kita harus masuk di, yakni dunia digital, dimana semua hal bisa diakses melalui Smartphone,”katanya

Oleh karena itu, Bobby menyarankan agar para pelaku Media cetak, untuk segera beralih ke digital pula, kerena lebih cepat, efesien dan murah. Jika hal tersebut tidak dilakukan, akan ketinggalan zaman.

“Kalau dulu kita mau baca berita, harus beli koran, sekarang kita mau baca berita cukup lewat HP, jadi Media digital lebih mudah, cepat dan murah,” pungkasnya

Sekedar informasi, Pemateri pelatihan jurnasiltik yang dihadirkan oleh FWLM diantaranya, Siswanto, Rully Efendi mantan Wartawan, Mahrus Sholeh dan Citra Darma Wida S.T.,M.Med.Kom CEO Maa citra.com konsultan IT.( Mul)

SHARE
Previous articleEdarkan Okerbaya, 2 Pemuda di Jember Diringkus Polisi
Next articleH Drs Surya Dharma Paloh Raih Gelar Doktor Honoris Causa di Universitas Brawijaya
Avatar
Kami adalah Jurnalis Jaringan NewsOnline, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa. Email: totoksumianta45@gmail.com WA: 0852-5883-1029

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here