Home Berita Tmm Alap-Alap Samapta Polres Jember Gelar Pengamanan Pergantian Tahun Baru 2022

Tmm Alap-Alap Samapta Polres Jember Gelar Pengamanan Pergantian Tahun Baru 2022

0
SHARE

 
Jember,newsonline.id-Dalam malam pergantian tahun baru dari tahun 2021 ke 2022 team alap-alap Polres Jember yang di pimpin oleh Kasat Samapta AKP Eko Basuki Teguh A. S.H akan melaksanakan kegiatan patroli ke seluruh wilayah di kab Jember Jawa Timur. Kegiatan tersebut sesuai petunjuk dari Polda Jawa Timur dan Mabes Polri bahwa pada malam pergantian tahun akan di adakan pengamanan.

Untuk di kab Jember pengamanan di utamakan di dalam kota Jember sesuai dengan yang sudah di rapatkan. Untuk di dalam kota Jember pengamanan akan di bantu dari Brimob. Untuk pihak Pemda sendiri kota akan di gelapkan, lampu akan di padamkan sehingga tidak ada kegiatan di pusat kota Jember terutama di alun-alun. Karena alun-alun merupakan salah satu tempat berkumpulnya warga.

Untuk tempat lainnya menurut penjelasan Kasat Samapta Polres Jember AKP Eko Basuki Teguh A.S.H seperti kota maupun selatan, Puger, Ambulu, Wuluhan, Patrang kota, Sumbersari, Kaliwates sudah di atur pengamanannya. Pengamanan di tempat tersebut akan di back up dari Brimob sesuai rencana sebanyak dua eseska yang akan membantu pengamanannya. Karena di tempat tersebut terutama Sumbersari dan Kaliwates ada beberapa Gereja yang akan melaksanakan do”a akhir tahun.

Dan di awal tahun yaitu pada tanggal 1 Januari 2022 akan melaksanakan do”a awal tahun. Saat di wawancara oleh Buser Bhayangkara 74 Kasat Samapta Polres Jember AKP Eko Basuki Teguh A.S.H menjelaskan bahwa team nya yaitu team Alap-Alap Samapta Polres Jember akan di bagi menjadi dua team. “Kita akan berpatroli dalam skala besar, satu team ke arah Utara Timur mulai dari Sukorambi, Panti kemudian ke arah Arjasa sampai ke arah Kalisat sampai ke arah Tempurejo dan Ambulu.

Dan team dua akan memback-up mulai dari Rambipuji, Bangsalsari, terus ke Kencong, Sumberbaru dan berakhir di Ambulu. Nanti kita (kedua team) akan bertemu bersatu team satu dan team dua di Ambulu”, Jelas Kasat Samapta. Sasaran operasi Tahun Baru 2022 ini adalah yang pertama kerumunan, “Kita tahu sekarang kab Jember masih level 3 karena capaian vaksin masih belum mencapai 70% untuk pengetatan protokol kesehatan”.

Yang ke- dua adalah sesuai dengan TR ada ops Lilin di mana sasarannya adalah knalpot brong, kendaraan yang tidak standart kepabrikan. Yang ke-tiga adalah konvoi “kita akan halau bagi warga yang konvoi tidak boleh masuk kota kita himbau untuk pulang ke rumah masing-masing”. Yang ke-empat adalah perguruan silat, jangan sampai ada konvoi dan para ketua perguruan silat supaya menghimbau kepada ranting-ranting nya untuk tidak melakukan kegiatan atau euvoria selama malam tahun baru, kemudian kita antisipasi agar tidak terjadi bentrok,juga antisipasi supaya tidak terjadi curas dan curanmor”.

Untuk pengamanan pada tahun baru nya yaitu pada tanggal 1 Januari 2022 satu team alap-alap Samapta Polres Jember akan berkeliling berpatroli dengan sasarannya adalah tempat wisata yang ada di kab Jember seperti Watu Ulo, Papuma, Dira baik Dira Ambulu Kencong dan Balung, Rembangan. Di tempat-tempat wisata ini team alap-alap Samapta Polres Jember akan mengawasi tempat wisata tersebut dan akan menghimbau sesuai dengan prokes yang ada tempat wisata ini kunjungan nya maksimal 75% dan harus menggunakan aplikasi Peduli Lindungi.

Kalau tidak ada aplikasi Peduli Lindungi maka pengunjung harus menunjukkan surat vaksin sebagai bukti bahwa orang tersebut sudah di vaksin, jika tidak ada di himbau untuk pulang kembali. Untuk tempat ibadah sendiri pengamanannya sudah di back-up oleh Polsek yang mempunyai wilayah, seperti Sumbersari sudah melaporkan kegiatan pengamanannya, begitu juga dengan Kalisat juga Kaliwates dan Sukowono.

“Untuk malam tahun baru pengamanan di laksanakan full satu aseska oleh Brimob sekitar 200 personil, kemudian setelah tahun baru selesai subuh mereka kembali satu aseska sebanyak 100 orang kembali ke posnya masing-masing. Tinggal satu aseska yang akan memback-up Jember sampai hari minggunya”, Jelas AKP Eko. Patroli Pengamanan tahun baru akan di mulai dari pukul 17.30 wib di mulai dengan Apel gelar pasukan secara serentak baik di Mapolres maupun di Mapolsek se kab Jember.

“Untuk di Mapolsek sendiri tentunya apel bersama muspika setempat, kemudian di Mapolres nanti ada rekan-rekan TNI, PM, Provos, dan Satpol PP termasuk ketua perguruan silat” jelasnya lagi. Untuk penyekatan di pusat kota Jember di mulai dari pukul 18.00 wib, sedangkan pengamanan akan berlangsung sampai hari minggu malam senin. Personil yang diterjunkan dari team alap-alap Samapta Polres Jember dalam pengamanan Malam tahun baru sebanyak 12 personil di bantu dari Brimob sebanyak 10 personil di bawah Komando KBU Kanit Turjawali untuk team satu, dan untuk team satunya lagi team

Dalmas di pimpin langsung oleh Kanit Samapta Polres Jember AKP Eko Basuki Teguh A.S.H dengan jumlah personil sebanyak 17 personil di backup oleh Brimob sebanyak 20 personil dan akan di istirahat pada pukul 00.00 wib untuk team Dalmas, karena untuk mem back up kegiatan di siang hari. Kasat Samapta Polres Jember AKP Eko Basuki Teguh A.S.H juga menjelaskan bahwa Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin S.I.K M.H melalui Kasat Binmas menghimbau kepada Bhabinkamtibmas, Babinsa supaya menghimbau kepada warga di desa dan kota agar tidak melakukan kegiatan-kegiatan.

Konvoi atau lebih baik tinggal di rumah saja pada situasi malam tahun baru nyalakan TV itu lebih aman karena kita sekarang masih pandemi Covid 19 jangan lengah. “Tolong untuk warga yang punya anak-anaknya yang masih labil dalam bersosialisasi tolong di jaga, jangan sampai nanti merugikan dirinya sendiri dengan melakukan konvoi, kemudian balap liar, merubah spek kendaraanny a dengan knalpot brong dan lain sebagainya”himbau Kasat Samapta.

“Karena kita juga ada perintah untuk menertibkan kegiatan-kegiatan yang di maksud termasuk kita akan amankan motor-motor brong atau yang tidak standart, jadi kami ingatkan kepada warga untuk putra-putrinya lebih baik di rumah saja kegiatan malam tahun baru ini kita selamat dan sehat”
(Indra)

SHARE
Previous articleTim Pamatwil Mabes Polri Lakukan Pendalaman di Polres Batu
Next articlePolsek Tanggul Gelar Apel Gabungan Persiapan Pengamanan Perayaan Malam Tahun Baru 2022
Avatar
Kami adalah Jurnalis Jaringan NewsOnline, individu idealis yang ingin membangun jurnalistik sehat berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 tentang PERS, dan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Dalam menjalankan Tugas Jurnalistik, kami sangat menjunjung tinggi kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, dengan Ethos Kerja, Koordinasi, Investigasi, dan Verifikasi sebelum mempublikasikan suatu artikel, opini, dan berita, sehingga menjadi suatu informasi yang akurat, baik dalam penulisan kata, maupun penggunaan tatabahasa. Email: totoksumianta45@gmail.com WA: 0852-5883-1029

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here