Home Berita Menaker : BLK Musti Bertransformasi Tingkatkan Kompetensi Untuk Tekan Angka Kemiskinan di...

Menaker : BLK Musti Bertransformasi Tingkatkan Kompetensi Untuk Tekan Angka Kemiskinan di Daerah

0
SHARE

Ambon, newsonline.id – Rabu (13/10) Menteri Tenaga Kerja RI, Ida Fauziyah mengunjungi BLK Ambon untuk membuka pelatihan Berbasis Kompetensi serta menyaksikan MOU dengan mitra pelatihan. Agar BLK Ambon dapat menjadi garda terdepan dalam menjawab kebutuhan

“BLK Ambon harus menjadi garda terdepan dalam menjawab kebutuhan peningkatan kompetensi, sertifikasi, hingga penempatan industri guna mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan yang ada di Maluku ini,” ucap Menteri.

Ia menekankan, agar Balai Latihan Kerja terus mengoptimalkan program transformasi BLK sebagai salah satu lompatan besar. Guna meningkatkan kompetensi dan menekan angka kemiskinan di daerah.

Ditegaskan, Kementerian Tenaga Kerja, saat ini fokus dengan 6R sebagai perhatian utama, untuk mewujudkan transformasi BLK. Yakni reformasi kelembagaan, redesain substansi pelatihan, revolusi SDM, reviltasisasi fasilitas dan sarana prasarana, rebranding BLK, dan relationship.

“Saat ini, pemerintah terus memantapkan skema program penanggulangan kemiskinan ekstrem yang akan diimplementasikan pada 7 Provinsi yang diprioritaskan, dimana salah satunya merupakan provinsi Maluku,” jelasnya.

Sebelumnya, KemnakerRI telah menggandeng KemendesPPDT serta KemenkopUKM guna melakukan Sinergi Program Penumbuhan dan Pengembangan Kewirausahaan. Untuk mengurangi angka Pengangguran dan Peningkatan Perekonomian Berbasis Desa.

“Upaya ini sangat dibutuhkan sebagai upaya dan sinergi dari Balai Latihan Kerja sebagai lembaga pelatihan dengan para  pemangku kepentingan yang ada, baik dari kalangan pemerintah, akademisi, lembaga pelatihan, kalangan industri dan dunia usaha juga masyarakat,” tegas Menteri.

Kunjungan tersebut, dalam agenda mendampingi Wakil Presiden, Kiyai Maruf Amin pada rangkaian kunjungan kerja ke Ambon, Maluku, bersama beberapa jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju. Sekaligus menghadiri Rapat Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem di lima kabupaten sasaran prioritas tahun 2021 yang dipimpin oleh Wakil Presiden, di Kantor Gubernur Maluku. (Mandausing)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here