Home Berita Bank Syariah Indonesia Diberikan PR Besar oleh Presiden

Bank Syariah Indonesia Diberikan PR Besar oleh Presiden

0
SHARE

Sumbawa Besar, newsonline.id – Area Manajer PT.BSI Bali-Nusra, Sukma Dwie Priardi di Kantor Bupati Sumbawa, Selasa (12/10) menegaskan, PT. Bank Syariah Indonesia diberikan amanat berupa 4 Pekerjaan Rumah (PR) oleh Presiden Joko Widodo. Yakni Universalitas, UMKM, Digitalisasi dan Millenial.

“Dalah hal itu, tentu kami Bali-Nusra, kami keliling ke steakholder-steakholder kami, menjelaskan, berkomunikasi, bersilaturrahmi, berkaitan dengan kehadiran Bank Syariah Indonesia, yang secara khusus juga diamanai 4 PR besar dari Pak Jokowi,” ucapnya.

Disebutkan, pekerjaan rumah tersebut, yakni Universalitas. Sebab, saat literasi perbankan syariah di Indonesia, belum besar. Atau sekitar 8 hingga 9 persen, bila dibandingkan dengan bank konvensional yang telah mencapai 30 persen.

“Kalau bicara inklusi perbankan syariah, itu baru 11 persen. Kalau konvensional sudah 70-an persen. Literasi itu memahami, intusi itu menggunakan. “orang menggunakan belum tentu faham juga, gitu kan. Nah Universalitas ini, adalah PR Pak Jokowi,” jelasnya.

Sedangkan kedua adalah UMKM. “Nanti juga kami tentu ingin ikut mendukung, ikut serta, seiring-selaras dengan pemerintah kabupaten sumbawa, untuk pemberdayaan UMKM. Salah satunya unit konsennya adalah BUMDes,” ucapnya.

Disebtkan, PT.BSI pada tahun 2019 pernah melakukan pemetaan BUMDes di Kabupaten Sumbawa, namun terhenti karena pandemic covid-19. “Nah sepertinya kami hendak memulai lagi untuk lakukan pemetaan. Namun memang kami sedang mohon izin, kami akan berkoordinasi dengan jajaran Kabupaten Sumbawa,” ujarnya.

Sedangkan kegita adalah Digitalisasi, dan salah satunya diterapkan bersama BLUD RSUD Sumbawa. “Dalam hal ini, kemitraan kami dengan RSUD Sumbawa. Kami pada kesempatan ini juga, memperpanjang kerjasama pengelolaan unit operasional di RSUD sumbawa, dengan kemudian kami juga menyerahkan bantuan CSR dalam bentuk 4 unit patient Monitor. Ini sebagai bentuk kontribusi BSI untuk peningkatan taraf kesehatan masyarakat kabupaten sumbawa,” ungkapnya.

sedangkan keempat yakni Millennial. Dan PT.BSI akan berkeliling ke perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Sumbawa seperti Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) dan Universitas Samawa (UNSA).

“Millennial, nah tentu kami juga nanti keliling ke perguruan tinggi di sumbawa. kami akan keliling ke UTS, UNSA. Untuk berdiskosi dengan steakholder kami. Millennial ini juga menjadi PR juga dari Pak Jokowi untuk ditingkatkan literasinya. Kemudian juga inklusinya,” jelasnya.

Diungkapkan, untuk Millennial, PT.BSI memiliki program Griya Muda BSI, yang merupakan program kepemilikan rumah bagi millennial yang baru bekerja dengan kepemilikan hingga 30 tahun.

“Bahkan kalau disaat ini kami ada produk untuk para millennial yang kemudian sudah bekerja. Awal bekerja, kemudian ingin memiliki rumah. ada Griya Muda BSI, yang bisa menjangkau sampai 30 tahun, masa jangka waktu kepemilikan rumah,” tegasnya.

Disebutkan, berbagai upaya yang telah dilakukan, merupakan upaya dari PT.BSI untuk menjawab tantangan dari Presiden Joko Widodo, dalam berkontribusi bagi Indonesia. “Inilah adalah salah satu bentuk jawaban kita terhadap PR-PR besar yang diminta Pak Jokowi untuk BSI dalam hal ini untuk bergerak memberi kontribusi untuk Indonesia, khususnya di Kabupaten Sumbawa,” ucapnya. (Mandausing)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here