Home Berita Pemda Didorong Beri Anggaran Proporsional OPD Pengelola PAD

Pemda Didorong Beri Anggaran Proporsional OPD Pengelola PAD

0
SHARE

Sumbawa Besar, newsonline.id – Anggota Badan Anggaran DPRD Kabupaten Sumbawa Dra.Saidatul Kamila Djibril disela sela rapat badan Anggaran Senin (20/9) menyampaikan pandangannya kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk memberikan proporsi Anggaran yang cukup kepada Organisasi Perangkat Daerah OPD yang langsung mengelola PAD. Agar dapat memenuhi kebutuhan sumber daya untuk mengejar PAD.

“Terkait dengan penetapan anggaran pada APBD Perubahan ini, Kami meminta kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah dalam melakukan asistensi anggaran memperhatikan kinerja organisasi perangkat daerah khususnya yang berperan dalam mendapatkan pendapatan asli daerah,” ungkapnya.

Misalnya, Dinas Perhubungan dengan uji KIR, dan sertifikasi kendaraan. Kedua kegiatan tersebut membutuhkan sumber daya yang memadai, termasuk peralatan.

“Karena bagaimanapun kita menuntut peningkatan PAD bila Sumberdaya yang dimiliki terbatas bahkan kurang layak, akan menjadi sulit diraih, sebut saja contohnya di bidang perhubungan. Disana ada kegiatan yang wajib dilakukan oleh seluruh kendaraan umum setiap tahunnya yakni uji kelayakan kendaraan atau Uji KIR. Sertifikasi kendaraan ini membutuhkan peralatan yang memadai,” jelasnya.

Disebutkan, dengan sumber daya yang memadai, potensi PAD yang di kabupaten Sumbawa tidak keluar ke daerah lain. “Bahkan atas kondisi yang demikian bisa jadi Kendaraan bermotor yang beroperasi di wilayah Kabupaten Sumbawa melakukannya di Kabupaten tetangga. Untuk itu perlulah TAPD jeli melihatnya,” imbuhnya.

Demikian pula bidang lainnya seperti pariwisata. “Kita memiliki objek wisata yang menarik, namun bila tidak dilengkapi dengan fasilitas lengkap dan memadai maka hal itu akan menjadi kurang menarik. Seperti Pantai Saliperate, Taman Semongkat, Pulau Moyo dengan air terjun mata jitunya, dan objek lainnya. Banyak peluang PAD menjadi tak bernilai ekonomis bagi daerah,” Ungkapnya.

Hadir dalam Rapat Banggar tersebut Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq yang memimpin rapat, didampingi oleh Wakil Ketua DPRD lainnya Syamsul Fikri AR S.Ag MSi, Nanang Nasiruddin SAP. Tampak juga Anggota Badan Anggaran lainnya Muhammad Yamin SE MSi, Ridwan SP, Ahmadul Kosasih SH, Ida Rahayu SAP, Edy Syah Riansyah SE, Muhammad Yasin SAP, Ismail Mustaram SH, Junaidi, Syahrul juga hadir Sekretaris DPRD H.Amri.S.Sos, M.Si. sementara dari pemerintah daerah hadir TAPD Tarunawan SP.S.Sos,.beserta jajarannya. (Mandausing)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here