Home Berita Sebanyak 11 Dusun Dapat Listrik Jika Akses Memadai

Sebanyak 11 Dusun Dapat Listrik Jika Akses Memadai

0
SHARE

Sumbawa Besar, newsonline.id – Dari hasil survey yang dilakukan oleh tim survey PT PLN (Persero) UP3 Sumbawa, tercatat 11 dusun memungkinkan untuk dialiri listrik jika akses jalan memadai. Sebab, untuk membangun jaringan listrik, musti dilakukan mobilisasi peralatan seperti tiang beton.

“Kalau infrastrukturnya memenuhi, kita udah rencanakan 2018. Tapi sampai sekarang kan itu belum ya. Akses jalan jadi kendala. kalau memungkinkan untuk ngangkut tiang aja, kita udah masuk. Secara desa, kita sudah 100 persen. Kalau yang 12 jam ada Labuan aji, sebotok dan pulau medang. Kalau yang lainnya sudah 24 jam,” kata Wiedhyarno Arief Wicaksono, Manager PT PLN (Persero) UP3 Sumbawa, di ruang kerjanya Jum`at (10/09).

Diungkapkan, 11 dusun yang telah disurvey di Kabupaten Sumbawa yakni Dusun Mungkin, Dusun Bakti Jaya dan Dusun Tangkelak Kecamatan Orong Telu. Dusun Lamede dan Dusun Matemega Kecamatan Alas. Dusun Panco di Kecamatan Tarano. Dusun Tepal, Dusun Pusu, Dusun TangkamPlit, Dusun Musuk dan Dusun Batu Rotok di Kecamatan Batu Lanteh.

“Sudah kami lakukan survey, akan di masukkan dalam program Listrik Perdesaan tahun 2021. (Tapi) perlu kesiapan perbaikan kesiapan insfrastruktur jalan dan jembatan yang memadai untuk akses transportasi material pembangunan jaringan listrik,” jelasnya.

Ia menegaskan, kemampuan daya yang dimiliki oleh PLN Sumbawa saat ini mamadai untuk memasok listrik pada 11 dusun tersebut. “Kita di Kabupaten Sumbawa 11 Dusun Belum Terpasok Listrik. Kita sudah turun survey ke lokasi untuk melihat akses ke sana. Secara kemampuan daya kita sanggup pasok. Tapi kita terkendala dengan akses untuk lakukan mobilisasi peralatan. Kita sanggup untuk melistriki dusun-dusun itu, namun kita butuh dukungan infrastruktur jualan,” ucapnya.

Disebutkan, PLN Sumbawa telah bersurat ke Gubernur NTB untuk meminta perbaikan akses jalan, agar dapat digunakan untuk melakukan mobilisasi peralatan. “Kita sudah bersurat ke pak gubernur juga, terkait minta dukungan akses jalan. Karena kita diminta untuk kesana. Karena kita butuh akses, infrastruktur yang bisa digunakan untuk mengangkut peralatan. Apabila ada infrastruktru jalan, akan memudahkan kami membangun jaringan listrik. Secara kemampuan daya maupun dan peralatan, PLN sanggup,” sebutnya.

Sedangkan untuk tahun ini, PLN Sumbawa berencana untuk memasok listrik ke Dusun Bako, Desa Jotang Beru Kecamatan Empang. “Ini yang tahun ini, brang bako empang, masuk. Ini bisa dilalui buat ngankut tiang. Tapi yang lain belum bisa. Tiang beton itu tidak bisa kesana,” tuturnya.

Sedangkan, 16 dusun lainnya yang belum dapat disurvey karena terkendala akses jalan. Dusun-dusun tersebut berada di Kecamatan Orong Telu, Kecamatan Lunyuk dan Kecamatan Batu Lanteh. (Mandausing)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here