Home Berita Komisi IV Minta Draft Buku Muatan Lokal Ditarik dan Disempurnakan

Komisi IV Minta Draft Buku Muatan Lokal Ditarik dan Disempurnakan

0
SHARE

Sumbawa Besar, newsonline.id – Komisi IV DPRD Sumbawa merekomendasikan agar draft buku Muatan Lokal SD yang sempat beredar untuk ditarik. Kemudian penulis berama beberapa pihak yang berkompeten dibidangnya, secara bersama-sama melakukan penyempurnaan terhadap konten buku tersebut.

“Kami minta kepada pak kadis, yang sudah beredar (draft) buku ini, ditarik kembali. Kemudian, karena ini belum menjadi bahan ajar di sekolah, mari kepada penulis bersama kita semua bersama-sama untuk berdiskusi untuk menyempurnakan buku muatan lokal ini,” kata Ahmadul Kosasih, Ketua Komisi IV DPRD Sumbawa, dalam menyampaikan rekomendasi pertemuan di DPRD Sumbawa, Kamis (02/09).

Sebelumnya didalam pertemuan, Andi Haris mewakili tim penulis buku mengungkapkan, mekanisme penerbitan buku, yakni penelitian, penyusunan draft, pengujian hingga tiga fase, kemudian diterbitkan dan diedarkan. Dfart buku muatan lokal sedianya akan menjadi bahan pelajaran untuk kelas 3,4,5, dan 6.

“Kami lakukan penelitian selama 6 bulan. Dan apa yang ada sekarang itu, masih berbentuk draft. Itu kemarin baru ada di fase pengujian tahap pertama, dengan kelompok kecil. Mekanismenya, setelah pengujian kecil, dilakukan revisi. Dilakukan pengujian dengan kelompok sedang, direvisi lagi. Pengujian dengan kelompok besar, revisi. Kemudian diuji lagi sebelum diterbitkan dan diedarkan,” ujarnya.

Ia mengakui, telah menerbitkan secara manual sediktinya 4 eksemplar buku pada tahun 2017 silam sebagai bahan uji untuk direvisi. “Tapi kalau kemudian ini beredar (lebih dari 4 eksemplar), kami tidak tahu,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Syukri Rahmat, Sekretaris Majelis Adat – Lembaga Adat Tana Samawa (LATS) menegaskan, dalam penulisan buku diperlukan penelitian mendalam dengan banyak referensi. Terlebih jika buku tersebut memuat sejarah untuk diajarkan kepada murid sekolah.

Ketua Badan Kehormatan DPRD Sumbawa, Muhammad Yamin juga menyampaikan hal senada. Dan berjanji untuk menggelontorkan anggaran guna kepentingan penyempurnaan buku muatan lokal tersebut, karena diperlukan sebagai bahan pelajaran di tingkat Sekolah Dasar.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, Sahril, berjanji akan menarik draft-draft buku yang beredar. “Saya sebagai kepala dinas pendidikan, akan menarik (draft) buku ini. kami juga sudah tahu dimana buku ini beredar,” jelasnya.

Hadir dalam pertemuan tersebut, antara lain Rektor Universitas Samawa – Prof. Dr. Syaifuddin Iskandar, M.Pd., Ketua STKIP Paracendekia NW Sumbawa ‑ Dr. H. Iwan Jazadi, dan Budayawan Sumbawa – Aries Zulkarnain. (Mandausing)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here